Sabtu, 21/09/2024 08:02 WIB

Disaksikan Masyarakat Bulukumba, Menpora Kick Off Gala Desa 2017

Pembukaan Gala Desa 2017 ini ditandai dengan kick off cabang olahraga oleh Menpora bersama Bupati Bulukumba dan semua SKPD di lapangan tenis meja, bola voli, bulutangkis, sepak takraw dan sepakbola.

Menpora Imam Nahrawi di acara kick off Gala Desa 2017 di Lapangan Pemuda Bulukumba, Sulawesi Selatan, Minggu (14/5) sore.

Bulukumba- Dihadiri ribuan masyarakat Bulukumba dan sekitarnya, Menpora Imam Nahrawi melakukan kick off Gala Desa atau Kompetisi antar Desa di Lapangan Pemuda Bulukumba, Jl. Pemuda, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Minggu (14/5) sore. Salah satu program Unggulan Kemenpora ini diharapkan menjadi ajang pencarian bakat (talent scouting) bagi sejumlah cabang olahraga.

Menpora mengatakan, ditunjuknya Bulukumba sebagai tuan rumah Kick Off Nasional Gala Desa adalah karena kesiapan masyarakatnya. "Kesiapan bupati, wakil bupati, kapolres, dandim serta antusias masyarakat berolahraga menjadi acuan kami menunjuk Bulukumba," ucapnya.

Selain itu, caerah ini juga telah melahirkan atlet nasional yang mengharumkan nama bangsa, seperti Andi Gilang di kejuaraan balap internasional di Qatar. Kemudian ikon Kapal Pinishi dan tempat-tempat bersejarah di daerah ini yang sangat menginspirasi.

"Terima kasih kepada masyarakat Bulukumba, Gala Desa adalah program unggulan Kemenpora yang ingin kembali melihat kebangkitan olahraga Indonesia dari desa-desa," ujar Menpora, didampingi Istrinya Shobibah Rohmah, Jubir Kemenpora Anindya Kusuma Putri, Duta Pemuda Gloria Natapraja, Kepala Biro Humas dan Hukum Amar Ahmad, Ketua Pelaksana Gala Desa 2017 yang juga Asdep Pengelolaan Olahraga Pendidikan Arifin Majid bersama Bupati Bulukumba Andi Muhammad Sukri Sappewali menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Bulukumba.

Pembukaan Gala Desa 2017 ini ditandai dengan kick off cabang olahraga oleh Menpora bersama Bupati Bulukumba dan semua SKPD di lapangan tenis meja, bola voli, bulutangkis, sepak takraw dan sepakbola.

Menteri asal Bangkalan ini menilai, kegiatan Gala Desa bukan hanya untuk menggerakkan semangat olahraga masyarakat Bulukumba tetapi juga Bulukumba akan dijadikan contoh bagaimana olahraga mempersatukan, menyehatkan dan mengokohkan bangsa. "Olahraga tidak hanya diikuti kelompok usia dan golongan tertentu tetapi olahraga kebutuhan kita semua, insyaallah dimana suatu daerah yang olahraganya bangkit maka negara dan bangsanya akan kuat karena disana ada sportivitas, persatuan dan kejujuran," tambah Cak Imam, sapaan akrab Imam Nahrawi.

Menpora mengatakan, tantangan global saat ini sangat berbahaya. "Tantangan zaman saat ini cukup berbahaya narkoba dimana mana, pornografi, radikalisme itu semua solusinya adalah dengan berolahraga, ini semua kata kuncinya adalah sinergi dan kerjasama pusat dan daerah untuk memberikan semangat kepada bangsa Indonesia," tuturnya.

"Gala Desa menjadi talents counting bagi KONI dan pimpinan cabang olahraga khususnya enam cabang ini untuk melihat potensi di lapangan karena bibit atlet tidak muncul sendiri tetapi harus dilihat, diolah dan dicari di masing masing daerah untuk itu jadikan Gala Desa sebagai wahana mencari bibit atlet," pesan Menpora.

Antusiasme warga Bulukumba menyambut Gala Desa ini tampak jelas terlihat dari defile sepuluh ribu lebih peserta dari 10 kecamatan di Kabupaten Bulukumba. Panitia lokal yang telah mempersiapkan acara menyuguhkan berbagai atraksi menarik seperti tari-tarian lokal khas budaya Bulukumba, drumband, pertandingan ekshibisi hingga pameran produksi desa setempat.

"Kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah melalui Kemenpora telah menunjuk Bulukumba sebagai tuan rumah Kick Off Nusantara Gala Desa 2017, hal ini sesuai dengan niat kami untuk mengembalikan jiwa olahraga di Bulukumba," ucap Bupati Andi Muhammad.

Ia mengajak masyarakat Bulukumba untuk mensukseskan penyelenggarakan Gala Desa 2017. "Kemenpora sangat seirama dengan visi dan misi dengan Pemkab Bulukumba yang sedang ingin menggalakkan kebangkitan olahraga, mari erat persodaraan dan kebersamaan melalui kegiatan ini dengan menjujung tinggi sportivitas, mari tinggalkan narkoba, tinggalkan kenakalan remaja mari galakkan olahraga mulai dari desa untuk bangsa," tambahnya.

KEYWORD :

Gala Desa Kemenpora Kick off Gala Desa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :