Sabtu, 04/05/2024 01:06 WIB

Importir Khawatir Pasokan Makanan Berkualitas Terganggu karena Pengecekan di Brexit

Importir Khawatir Pasokan Makanan Berkualitas Terganggu karena Pengecekan di Brexit

David Josephs, pemilik Panzers, memegang sebotol minyak zaitun artisan saat dia berpose untuk toko makanan di London, Inggris, 26 Maret 2024. REUTERS

LONDON - Toko makanan Panzer di barat laut London telah kehilangan 37 pemasok dari Uni Eropa sejak Inggris meninggalkan pasar tunggal blok tersebut pada tahun 2021. Pemiliknya, David Josephs khawatir akan lebih banyak lagi pemasok yang berhenti setelah Inggris memberlakukan pemeriksaan perbatasan baru pada bulan ini.

Inggris memilih untuk meninggalkan UE pada tahun 2016, namun karena besarnya tugas yang harus dilakukan untuk mengurai rantai pasokan dan menetapkan perbatasan bea cukai, Inggris baru menetapkan peraturan baru pada tahun ini.

Eksportir daging dingin dan beku, ikan, keju, produk susu dan beberapa bunga potong di Uni Eropa harus menunjukkan sertifikat kesehatan, yang ditandatangani oleh dokter hewan atau pengawas pabrik, sejak 31 Januari – sebuah tuntutan yang menurut pengecer dan pedagang grosir kecil di Inggris dapat ditunda. kedatangan barang per minggu.

Mereka kini memperingatkan bahwa dimulainya pemeriksaan fisik, bersamaan dengan kenaikan tarif, mulai tanggal 30 April akan membatasi variasi dan kesegaran makanan olahan seperti charcuterie, keju, pasta, dan minyak zaitun, dan harga akan naik.

“Kami menemukan produsen independen kecil membuat hal-hal luar biasa yang belum tentu Anda lihat di luar wilayah mereka dan kami membawa mereka ke London namun hal ini semakin sulit, karena beberapa dari mereka tidak mau mengurus dokumennya,” kata Patricia Michelson. pemilik pengecer dan grosir La Fromagerie.

Tantangan baru ini berisiko merusak keragaman makanan dan minuman di Inggris, kata John Farrand, direktur pelaksana Guild of Fine Food, yang mewakili 12.000 bisnis makanan independen.

“Hanya pengolah dan pengecer terbesar yang mampu menangani birokrasi dan luasnya pemeriksaan ini,” katanya.

“Produsen dan pengecer kecil akan menyerah begitu saja dan kita akan mempunyai pilihan yang lebih sedikit serta makanan dan minuman yang kurang enak.”

Pemerintah mengatakan pemeriksaan baru ini akan membantu mencegah penyakit dan hama memasuki Inggris.

Mereka juga mengatakan akan menyamakan kedudukan bagi eksportir Inggris. Pada tahun 2021, UE segera memberlakukan peraturannya, yang menyebabkan penundaan pelabuhan dan mendorong beberapa eksportir Inggris untuk berhenti menjual ke blok tersebut, setidaknya pada awalnya.

KETAKUTAN TERHADAP GANGGUAN PASOKAN
Pemilik toko kue Josephs, yang menjual produk dari lebih dari 80 negara dan memasok hampir 200 restoran, mengatakan Brexit telah menjadi bencana bagi bisnisnya.

“Pemerintah bilang tidak akan ada gangguan. Saya jamin akan ada,” ujarnya. “Kami sudah mempunyai beberapa pemasok daging yang mengatakan bahwa hal ini menjadi perdebatan mengenai apakah layak secara ekonomi untuk memasok ke Inggris atau tidak.”

Nick Carlucci, direktur penjualan penjual makanan Italia Tenuta Marmorelle yang berbasis di Berkshire, Inggris selatan, mengatakan perubahan pada bulan Januari menaikkan biaya dan memperpanjang waktu tunggu beberapa barang selama seminggu. Dia mengimpor minyak zaitun dari peternakan milik keluarganya di Puglia, keju burrata dan mozzarella kerbau, cuka balsamic, irisan daging, pasta, antipasti, dan panettone.

Dia mengatakan bahwa mengimpor satu palet yang berisi lima atau lebih potongan daging yang berbeda, mulai tanggal 30 April, akan menelan biaya 432 pound ($537) lebih mahal dibandingkan sebelum Brexit, dengan 120 pound untuk sertifikat dokter hewan dan 195 pound untuk biaya dan retribusi yang telah diberlakukan pemerintah. untuk menutupi biaya sistem barunya.

Carlucci mengimpor 15 hingga 20 palet dalam seminggu dan mengatakan biaya tambahan akan mengurangi margin keuntungannya sebesar 10%.
“Kami mendatangkan produk-produk artisanal dari produsen kecil yang umur simpannya pendek,” ujarnya. "Kita perlu memastikan produk-produk tersebut terus-menerus diputar."

Khawatir akan kemacetan di Pelabuhan Dover, pelabuhan terbesar di Inggris, dia menimbun sebanyak yang dia bisa.
Biaya yang lebih tinggi harus ditanggung.

“Kami berusaha semaksimal mungkin untuk menyerap sebanyak yang kami bisa, tapi kami harus meneruskannya ke pelanggan kami, yaitu toko pertanian, food hall, dan toko makanan,” ujarnya sambil memperhatikan harga nampan 150 gram (5 ons). Parma ham akan naik 17 pence, atau 4%, pada akhir bulan.

Masih ada kebingungan mengenai frekuensi pemeriksaan yang akan dilakukan.

Pemerintah mengatakan akan mengambil “pendekatan pragmatis” dan tidak memperkirakan adanya gangguan signifikan terhadap impor.
“Barang-barang yang memiliki risiko biosekuriti tertinggi sedang diprioritaskan seiring dengan upaya kami melakukan pemeriksaan penuh tingkat k dan tingkat kepatuhan yang tinggi,” kata juru bicara pemerintah.

Mereka memperkirakan peraturan perbatasan akan meningkatkan biaya bagi importir secara kolektif sebesar 330 juta pound per tahun, dan meningkatkan inflasi pangan hanya sebesar 0,2% selama tiga tahun.

Inflasi pangan Inggris melonjak ke level tertinggi dalam 45 tahun sebesar 19,2% pada bulan Maret 2023 karena melonjaknya biaya energi, kekurangan tenaga kerja, dan gangguan terhadap ekspor Ukraina, namun inflasi tersebut turun menjadi 4% pada bulan Maret.

Andreas Georghiou, yang mengimpor dari produsen kecil di Perancis, Italia, Spanyol dan Yunani untuk toko makanan dan bahan-bahan berkualitas di barat daya London, memperkirakan hal terburuk akan terjadi.

“Mereka tidak siap untuk melakukan sertifikasi, mereka tidak siap untuk dikunjungi dokter hewan, jadi mereka hanya mengatakan tidak,” ujarnya.
Pada pameran dagang baru-baru ini di Florence, perubahan pada bulan April mendominasi pembicaraan, kata Carlucci.

"Semua orang berkata, apa yang dilakukan Inggris? Benar-benar tidak percaya."

KEYWORD :

Pengecekan Barang Brexit Uni Eropa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :