Sabtu, 04/05/2024 03:07 WIB

Salah! Bahaya Serpihan dari Ulekan dan Cobekan Batu Dapat Sebabkan Batu Ginjal

Salah! Bahaya Serpihan dari Ulekan dan Cobekan Batu Dapat Sebabkan Batu Ginjal

Salah! Bahaya Serpihan dari Ulekan dan Cobekan Batu Dapat Sebabkan Batu Ginjal. (Foto: CekFakta)

Jakarta, Jurnas.com - Beredar sebuah video yang membahas mengenai serpihan batu yang berasal dari gesekan antara cobek dan ulekan batu, berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia karena akan menyebabkan batu ginjal.

Unggahan dari akun @aaron_laksana ini menyatakan bahwa jika memiliki ulekan berbahan dasar batu, maka cobeknya disarankan berasal dari bahan kayu.

"STOP! Jangan pakai ulekan batu kalau gamau kena batu ginjal. Kalau cobekan kalian ini dari batu ulekannya gaboleh batu. Saat kalian gesek, ini akan menimbulkan bekas dan luka seperti di hati kalian. Bakal terkelupas dan berpasir,” demikian narasi yang dicantumkan dalam video berdurasi sekitar 37 detik itu.

“Nah pasir-pasir (dari gesekan antara cobek dan ulekan batu, red) ini nanti masuk ke makanan kalian masuk ke dalam tubuh kalian dan bisa menyebabkan batu ginjal. Jadi kalau cobekannya batu mesti ulekannya yang kayu. Jangan salah lagi ya. Next tips apa lagi nih," ujarnya.

Video yang diunggah @aaron_laksana tersebut telah ditonton sebanyak 802 ribu kali, disukai sebanyak 6.347 pengguna, dan dibagikan 5652 kali. Diketahui video tersebut juga telah diupload ke TikTok pada Minggu (4/2/24) lalu.

Lantas apakah benar, serpihan batu yang berasal dari cobekan dan ulekan batu dapat menyebabkan batu ginjal di dalam tubuh manusia?

Hasil Verifikasi dan Penjelasan

Berdasarkan penelusuran lebih lanjut yang dilakukan oleh Tim Koalisi Cek Fakta, ditemukan informasi yang menunjukkan bahwa klaim yang terdapat di dalam video tersebut merupakan klaim yang keliru.

Dilansir dari artikel alodokter.com, batu ginjal terbentuk akibat tingginya kadar zat kimia, seperti kalsium, asam oksalat, dan fosfor dalam urine. Zat-zat ini dapat membentuk kristal dan menumpuk di ginjal. Seiring berjalannya waktu, kristal tersebut akan makin keras seperti batu.

Tingginya kadar zat kimia dalam urine dapat terjadi akibat konsumsi makanan tinggi purin dan kalsium, kekurangan asupan cairan, serta efek samping operasi dan obat-obatan, serta kondisi medis tertentu.

Selain itu, batu ginjal juga dapat disebabkan pada pola hidup seperti:
1. Kurangnya asupan cairan dalam tubuh.
2. Kurang asupan kalsium.
3. Diet tinggi garam dan gula.
4. Konsumsi makanan kaya oksalat dalam jumlah besar (kacang, bayam, cokelat, dan jenis teh tertentu).
5. Mengonsumsi kola dengan kadar gula tinggi.
6. Terlalu banyak asupan protein.
7. Kekurangan sitrat, suatu zat yang membantu mencegah pembentukan batu.
8. Riwayat kesehatan keluarga.

Kesimpulan

Jadi, penyebab batu ginjal adalah murni karena pola hidup/makan serta riwayat kesehatan tertentu. Serpihan batu yang berasal dari ulekan dan cobekan batu tidak memiliki kaitan sebagai salah satu penyebab timbulnya batu ginjal.

Oleh karena itu, klaim pada unggahan video Instagram ini dan video TikTok ini dapat dikategorikan ke dalam informasi yang menyesatkan atau misleading content.

Sumber Rujukan:

CekFakta

https://www.alodokter.com/batu-ginjal

https://www.halodoc.com/artikel/hati-hati-8-hal-ini-bisa-sebabkan-batu-ginjal

 

KEYWORD :

Cek Fakta Ulekan Cobekan Batu Batu Ginjal Hoaks




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :