Sabtu, 18/05/2024 15:22 WIB

Jembatan Baltimore Runtuh Ditabrak Kapal Kargo, Enam Pekerja Konstruksi Hilang

Jembatan Baltimore Runtuh Ditabrak Kapal Kargo, Enam Pekerja Konstruksi Hilang

Tim penyelamat mencari korban runtuhnya Jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Amerika Serikat akibat ditabrak kapal kargo. (FOTO: SHUTTERSTOCK)

JAKARTA - Jembatan Baltimore runtuh ditabrak kapal kargo, enam pekerja konstruksi diketahui hilang.

Pihak berwenang terus memprioritaskan operasi pencarian dan penyelamatan di Baltimore beberapa jam setelah sebuah kapal kontainer menabrak Jembatan Francis Scott Key dan menyebabkannya runtuh.

Dengan enam anggota kru konstruksi yang masih hilang hingga Selasa sore (26/3/2024), sejumlah pejabat, termasuk Gubernur Maryland Wes Moore, ketua NTSB Jennifer Homendy dan Menteri Transportasi Pete Buttigieg, mengatakan bahwa menemukan orang-orang yang hilang adalah fokus utama mereka.

“Misi ini masih berupa misi pencarian dan penyelamatan, kami masih aktif mencari korban selamat yang kami kenal, dan itulah janji yang kami buat kepada keluarga korban,” kata Moore.

“Misi ini masih merupakan misi pencarian dan penyelamatan yang aktif dan tidak ada satu pun sumber daya yang tidak akan kami tunda untuk dikerahkan.”

Saat pencarian berlanjut, Moore menambahkan bahwa dia telah mengizinkan “sumber daya udara, darat dan laut” untuk membantu menemukan enam pekerja, yang sedang mengisi lubang di jalan raya ketika sebuah kapal kontainer menabrak jembatan sesaat sebelum pukul 1:30 pagi pada hari Selasa.

Buttigieg, yang mengaku telah berkomunikasi dengan Moore dan pejabat Maryland lainnya sejak Selasa pagi, berbicara tentang aspek emosional dari tragedi tersebut.

“Ini adalah hari yang menyiksa bagi beberapa keluarga,” kata Buttigieg tentang mereka “yang hari ini terbangun karena berita yang tidak ingin diterima oleh siapa pun.”

“Doa kami menyertai keluarga mereka yang hilang di laut saat ini,” tambah Senator Ben Cardin.

Dikutip dari People, meskipun ada laporan pada Selasa sore bahwa ada jenazah yang ditemukan, seorang anggota dewan kota Baltimore membenarkan bahwa mereka salah bicara.

Dalam konferensi pers Homendy, ketua NTSB mengatakan bahwa badan tersebut belum memverifikasi jumlah awak kapal kontainer Dali dan bahwa NTSB membantu Penjaga Pantai untuk memimpin fokus pada upaya pencarian dan penyelamatan.

Dengan tim yang terdiri dari 24 orang di lokasi, NTSB akan mendapatkan perekam kapal untuk membantu penyelidikan di lain waktu, katanya.

Ketika operasi pencarian dan penyelamatan terus berlanjut, Buttigieg menyampaikan pemikirannya tentang bagaimana hilangnya jembatan akan berdampak pada perekonomian – dan mereka yang tinggal di daerah tersebut.

“Tidak diragukan lagi bahwa hal ini akan berdampak besar dan berkepanjangan terhadap rantai pasokan,” katanya.

“Masih terlalu dini untuk memberikan perkiraan mengenai apa yang diperlukan untuk membersihkan saluran tersebut dan membuka kembali pelabuhan.”

Buttigieg menambahkan, “Ini bukan jembatan biasa. Ini adalah salah satu katedral infrastruktur Amerika. Ini telah menjadi bagian dari cakrawala wilayah ini lebih lama dari masa hidup kita," pungkasnya. (*)

KEYWORD :

Jembatan Baltimore kapal kargo Francis Scott Key




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :