Sabtu, 18/05/2024 01:39 WIB

Eks Ketua Asosiasi Sepak Bola China Dipenjara Seumur Hidup

Eks Ketua Asosiasi Sepak Bola China Dipenjara Seumur Hidup

Sepak bola China (Foto: AFP)

Beijing, Jurnas.com - Mantan presiden Asosiasi Sepak Bola China (CFA), Chen Xuyuan, divonis hukuman penjara seumur hidup usai keterlibatannya terbukti dalam kasus suap.

Menurut laporan BBC yang dikutip Goal pada Selasa (26/3), Chen Xuyuan mengaku bersalah menerima suap senilai 81 juta yuan atau $11 juta selama bertindak sebagai Presiden CFA.

Hukuman terhadapnya terjadi di tengah tindakan keras terhadap korupsi yang dilakukan Presiden Xi Jinping, dengan lebih dari 12 pelatih sedang diselidiki.

"Aktivitas ilegal Chen dikatakan terjadi antara tahun 2010 dan 2023 dan jaksa mengatakan dia menerima uang dan barang berharga sebagai imbalan atas bantuan untuk mendapatkan kontrak dan mengatur acara olahraga," demikian bunyi laporan tersebut.

Laporan itu menambahkan bahwa Chen telah membawa kerusakan besar pada sepak bola China akibat pelanggaran tersebut. Selain Chen, tiga pejabat sepak bola lainnya dijatuhi hukuman antara delapan dan 14 tahun penjara karena korupsi.

Presiden Xi berharap dapat merevolusi sepak bola di Tiongkok dan telah menyatakan keinginannya untuk melihat negara tersebut lolos ke Piala Dunia menjadi tuan rumah turnamen tersebut, dan memenangkan trofi untuk pertama kalinya dalam sejarah.

KEYWORD :

Asosiasi Sepak Bola China Chen Xuyuan Suap




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :