Minggu, 19/05/2024 03:51 WIB

KPU Siap Hadapi Sengketa Hasil Pemilu di MK

Kesiapan ini merupakan tanggungjawab KPU sebagai penyelenggara Pemilu 2024. 

Jakarta, Jurnas.comKomisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan siap menghadapi perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) atau sengketa hasil Pemilu 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

KPU akan menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk menghadapi sengketa hasil Pemilu 2024 di MK. Kesiapan ini merupakan pertanggungjawaban KPU sebagai penyelenggara Pemilu 2024. 

"Kami juga harus mempersiapkan segala sesuatunya, berbagai macam potensi sengketa yang dibawa ke Mahkamah Konstitusi sebagai bentuk pertanggungjawaban KPU dalam menyelenggarakan Pemilu 2024 ini," kata Ketua KPU, Hasyim Asy`ari seusai menetapkan hasil Pemilu 2024 di kantor KPU, Jakarta, Rabu 20 Maret 2024 malam.

Dia menjelaskan kesiapan tersebut sejalan dengan kesiapan peserta pemilu untuk mengajukan gugatan ke MK terhitung tiga hari sejak hasil Pemilu 2024 ditetapkan pada Rabu 20 Maret 2024 pukul 22.19 WIB.

"Maka sejak saat itu, tiga kali 24 jam peserta pemilu yang akan mengajukan komplain, keberatan atau sengketa terhadap hasil pemilu, terhitung sejak saat itu mulai mendaftarkan diri ke Mahkamah Konstitusi," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Hasyim mengaku bersyukur karena hasil Pemilu 2024 telah ditetapkan.

"Alhamdulillah dengan penuh rasa syukur KPU telah menetapkan hasil pemilu serentak 2024, yaitu pemilu presiden dan wakil presiden, pemilu anggota DPR, pemilu anggota DPD, pemilu anggota DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota," kata Hasyim.

Hasyim juga mengaku bersyukur karena setiap tahapan pemilu mulai dari pembentukan penyelenggara pemilu hingga pemungutan suara di dalam maupun luar negeri dapat terlaksana.

Menurutnya, penyelenggaraan Pemilu 2024 bukan hal yang mudah. Untuk itu, Hasyim berterima kasih kepada seluruh jajaran KPU dari tingkat pusat hingga daerah dan luar negeri yang telah bekerja keras dalam menyelenggarakan Pemilu 2024. 

"Ini bukan pekerjaan yang mudah, pekerjaan yang berat, dan kami ucapkan terima kasih atas kerja keras dan kerja sama teman-teman penyelenggara pemilu di semua tingkatan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri," ujarnya.

Selain itu, Hasyim juga berterima kasih kepada semua peserta pemilu 2024 atas kerja sama dan dukungan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Dia juga berterima kasih kepada pemerintah dan DPR yang memberikan dukungan, terutama terkait anggaran penyelenggaraan pemilu dan pendapat untuk pembentukan peraturan-peraturan KPU.

"Tentu saja situasi penyelenggaraan pemilu juga harus didukung supaya aman karena itu kami ucapkan terima kasih kepada Polri, kepada TNI, dan seluruh Lembaga/Kementerian di pemerintahan yang memberikan dukungan, termasuk juga pemerintah daerah," katanya.

KEYWORD :

KPU Komisi Pemilihan Umum Hasil Pemilu 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :