Minggu, 28/04/2024 14:59 WIB

Ilmuwan Korea Selatan Menanam Sel Daging Sapi dalam Beras sebagai Sumber Protein

Ilmuwan Korea Selatan Menanam Sel Daging Sapi dalam Beras sebagai Sumber Protein

Nasi daging sapi hibrida, yang dibuat menggunakan sel induk otot dan lemak sapi, di Seoul, Korea Selatan, 8 Maret 2024. REUTERS

SEOUL - Para peneliti Korea Selatan telah menanam sel daging sapi dalam butiran beras dalam apa yang mereka katakan sebagai langkah besar menuju pencapaian sumber protein yang berkelanjutan, terjangkau, dan ramah lingkungan yang dapat menggantikan daging sapi peternakan.

Profesor Jinkee Hong dari Universitas Yonsei di Seoul, yang memimpin penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Matter bulan ini, mengatakan “nasi daging sapi” adalah produk pertama dari jenisnya. Ia menggunakan partikel biji-bijian sebagai dasar untuk mengolah otot hewan dan sel lemak.

Dalam penelitian tersebut, butiran beras diberi enzim untuk menciptakan lingkungan optimal bagi pertumbuhan sel, kemudian diinfus dengan sel sapi yang dibudidayakan untuk menghasilkan produk hibrida akhir, yang menyerupai butiran beras berwarna merah muda.

Tim Yonsei bukanlah yang pertama mengerjakan produk daging yang dikembangkan di laboratorium. Perusahaan-perusahaan di seluruh dunia telah meluncurkan daging hasil budidaya; salah satu yang terbaru melibatkan ayam dan belut nabati yang dibudidayakan dari bahan dasar kedelai, dipasarkan di Singapura.

Tim Hong mengatakan beras memiliki keunggulan dalam hal keamanan dibandingkan kedelai atau kacang-kacangan karena lebih sedikit orang yang alergi terhadap beras.

“Jika berhasil dikembangkan menjadi produk pangan, budidaya beras daging sapi dapat menjadi sumber protein berkelanjutan, khususnya di lingkungan di mana peternakan tradisional tidak dapat dilakukan,” katanya.

Nasi daging sapi mengandung sekitar 8% lebih banyak protein dan 7% lebih banyak lemak dibandingkan nasi konvensional. Hong mencatat bahwa 18% proteinnya berasal dari hewani, menjadikannya sumber yang kaya akan asam amino esensial.

Dengan harga sekitar $2 per kilogram (2,2 lbs) dan dengan jejak karbon yang jauh lebih kecil dibandingkan produk daging sapi tradisional, nasi daging sapi budidaya dapat bersaing di toko bahan makanan, kata Hong.

Hong mengatakan tantangan tetap ada dari sudut pandang teknis dan dalam memenangkan pelanggan dalam hal rasa dan tekstur.

Keum Dong-kyu, yang baru-baru ini mencicipi nasi daging sapi di restoran barbekyu Korea di Seoul, mengatakan idenya inovatif.
“Tapi sejujurnya, menurut saya ini tidak bisa meniru juiciness atau tekstur daging sapi asli,” kata Keum.

Christian Krammel, yang berkunjung dari Jerman, lebih positif.
“Saat ini, penelitian ini belum bisa dibandingkan dengan daging sapi, namun karena saya melihat penelitian ini masih dalam tahap awal, menurut saya ini adalah langkah maju yang bagus,” kata Krammel.

KEYWORD :

Sel Daging Sapi Protein Beras Korea Selatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :