Minggu, 19/05/2024 07:27 WIB

Ganjar Pranowo Dilaporkan Terima Gratifikasi, KPK: Kami Tak Lihat Unsur Politik

Laporan itu dilayangkan oleh IPW pada Selasa 5 Maret 2024.

Logo KPK

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan tidak melihat latar belakang politik dalam menangani laporan terhadap capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo atas dugaan korupsi di Bank Jateng.

"Kalau kami itu kan enggak pernah melihat apakah ini ada unsur politiknya atau enggak. Apakah ini warnanya merah, kuning, hijau, abu-abu kita enggak lihat seperti itu ya,” kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwarta di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu 6 Maret 2024.

Laporan terhadap mantan Gubernur Jawa Tengah itu dilayangkan oleh Indonesia Police Watch (IPW) pada Selasa 5 Maret 2024. Selain Ganjar, IPW juga melaporkan Direktur Utama Bank Jateng periode 2014-2023, Supriyatno

IPW menduga terdapat gratifikasi dari sejumlah perusahaan asuransi yang memberikan pertanggungan jaminan kredit kepada para kreditur Bank Jateng.

Dari cashback sebesar 16% dari premi asuransi, terdapat 5,5% yang diberikan kepada pemegang saham pengendali Bank Jateng, yakni gubernur Jateng. Bahkan, IPW menyebut nilai dugaan korupsi yang terjadi pada periode 2014 hingga 2023 ini mencapai Rp 100 miliar.

"Saya yakin staf kami di bawah enggak peduli warna dari orang itu apa,” kata Alex.

Alex mengaku belum mengetahui secara detail laporan dugaan korupsi di Bank Jateng tersebut. Namun, dalam mekanisme penanganan perkara, KPK akan menelaah dan menggali informasi dari berbagai sumber serta mengklarifikasi terhadap para pihak terkait. Laporan itu nantinya dibahas oleh satgas penyelidikan

"Kalau sepakat ada indikasi korupsi baru naik ke penyelidikan baru kita klarifikasi ke yang bersangkutan," kata Alex.

Dalam proses penanganan perkara ini, KPK memastikan bakal berkoordinasi dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Hal ini untuk mendalami pergerakan transaksi keuangan terkait asuransi Bank Jateng.

"Iya pasti. Prosedur biasa, prosedur biasa," katanya.

KEYWORD :

KPK Ganjar Pranowo IPW Bank Jateng Korupsi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :