Jum'at, 10/05/2024 00:23 WIB

Himpunan Alumni Beri 18 Kuota Masuk IPB Gratis, Minat?

DPP Himpunan Alumni IPB menyediakan kuota bagi 18 siswa-siswi SMA/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi ke IPB University

IPB University (Foto: Dok. IPB)

Jakarta, Jurnas.com - DPP Himpunan Alumni IPB menyediakan kuota bagi 18 siswa-siswi SMA/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi ke IPB University, melalui program Future agile Leadership Program (FALP) 2023 yang dimulai sejak September 2023 lalu.

Ketua Umum DPP HA IPB, Walneg S Jas, mengatakan program FALP bertujuan mendorong lahirnya pemimpin muda dengan mengoptimalkan potensi siswa-siswi SMA/sederajat se-Indonesia.

FALP menjadi inkubator menempa bakat dan kemampuan memimpin yang diseleksi dari para ketua OSIS atau pengurus inti organisasi sekolah lainnya. Selama 25-27 Januari 2024, para peserta FALP 2023 mengikuti Leadership Camp di Bogor yang merupakan tahapan akhir.

"Bebas masuk IPB University diraih 18 finalis melalui seleksi rangkaian FALP dari 1750 peserta yang telah mendaftar. Ini komitmen kami bersama IPB University dalam mendorong kepemimpinan generasi muda," ujar Walneg dalam keterangannya pada Minggu (28/1).

Leadership Camp digelar untuk menambah pemahaman peserta tentang IPB University, program studi, fakultas, dan fasilitas kampus. Lalu, memahami kehidupan mahasiswa di luar kegiatan akademis, seperti organisasi mahasiswa, kegiatan sosial, dan dukungan akademik. Kemudian, kesadaran inovasi dalam pembelajaran dan teknologi, menggugah pemikiran kritis agar peserta berkontribusi membangun masa depan kampus.

Kegiatan FALP 2023 dirangkai dengan acara HA IPB Awards, lalu wisuda Mentoring Leader sebanyak 185 perserta dari lulusan muda alumni IPB, serta wisuda Diaspora Mentoring sebanyak 20 peserta. Hadir dalam kesempatan ini, Rektor IPB University Afri Satria dan seluruh wakil rektor, para alumni serta jajaran DPP HA IPB.

Adapun HA IPB Awards 2023 memberikan 15 kategori penghargaan, yang meliputi 12 kategori hasil seleksi tim juri, dan tiga kategori penunjukan langsung/afirmasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) HA IPB.

Tiga kategori hasil penunjukan langsung dari DPP IPB yaitu, Kategori Lifetime Achievement Award dengan penerima penghargaan Alm Prof Dr Ir Ahmad Memed Satari. Kemudian, dua lainnya yaitu, Kategori Mitra HA IPB dan Kategori Tokoh HA IPB.

"Sosialisasi kegiatan ini telah dilaksanakan sejak bulan September kepada seluruh Dewan Pengurus Daerah, Dewan Pengurus Cabang, Dewan Pengurus Komisariat, Badan Otonom HA IPB dan komunitas alumni IPB," ujar Sekjen DPP HA IPB Sukma Kamajaya.

Dikatakan, HA IPB Awards memberikan penghargaan individu, kelompok, dan lembaga sebagai bentuk apresiasi atas kontribusinya di bidang agromaritim, hingga memacu alumni IPB agar lebih berinovasi dan berkontribusi pada HA IPB, almamater IPB, maupun bidang agromaritim.

KEYWORD :

IPB University Beasiswa Masuk Perguruan Tinggi DPP HA




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :