Kamis, 16/05/2024 18:00 WIB

Dituduh Berkontribusi, Kepala Polisi Seoul Didakwa atas Tragedi Halloween

Dituduh Berkontribusi, Kepala Polisi Seoul Didakwa atas Tragedi Halloween

Seorang wanita berdoa sambil membaca pesan belasungkawa yang ditempel di dinding gang sempit Itaewon tempat tragedi Halloween di Seoul, Korea Selatan, 18 Desember 2022. Foto: Reuters

SEOUL - Jaksa Korea Selatan mendakwa kepala Badan Kepolisian Metropolitan Seoul, menuduhnya berkontribusi karena kelalaiannya dalam penggerebekan kerumunan Halloween di Seoul pada tahun 2022 yang menewaskan hampir 160 orang, menurut Seoul Western Kantor Kejaksaan Distrik.

Dakwaan terhadap kepala polisi Seoul Kim Kwang-ho muncul lebih dari setahun setelah penggerebekan massa pada Oktober 2022, yang menewaskan 159 orang pada akhir pekan Halloween di distrik hiburan Itaewon di ibu kota Seoul. Kim adalah pejabat polisi berpangkat tertinggi yang didakwa sehubungan dengan penggerebekan massa.

Perayaan tahunan di kawasan kehidupan malam populer di Itaewon berubah menjadi mematikan pada 29 Oktober setelah puluhan ribu anak muda berkerumun di gang-gang sempit untuk merayakan Halloween pertama yang bebas dari pembatasan COVID dalam tiga tahun.

Pihak berwenang, termasuk polisi, tidak merancang langkah-langkah keselamatan meskipun kerumunan orang banyak yang memungkinkan terjadinya kecelakaan, dan tidak mengambil langkah-langkah yang tepat setelah seruan penyelamatan mulai masuk, menurut tim investigasi.

Pada bulan Januari tahun lalu, tim investigasi khusus merujuk Kim dan 22 petugas polisi, penyelamat, dan kantor distrik lainnya ke penuntutan atas tuduhan terkait dengan tanggapan pemerintah yang tidak memadai terhadap penyerbuan tersebut.

KEYWORD :

Tragedi Halloween Polisi Korea Selatan Itaewon




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :