Sabtu, 18/05/2024 18:58 WIB

Mitsubishi XForce Miliki Mode Kendaraan Khusus Musim Hujan

‘Wet’ akan Traction Control System dan Active Yaw Control bekerja dengan lebih sensitif dalam mengatur pembagian torsi maupun kekuatan pengereman pada setiap roda

Mitsubishi XFORCE (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Varian terbaru Mitsubishi Motors, yaitu Mitsubishi XForce miliki mode kendaraan (Drive Mode) Wet dalam menghadapi musim hujan serta potensi banjir.

XForce merupakan model pertama di segmennya yang mempunyai fitur empat Drive Mode. Fitur yang terdapat pada varian Ultimate CVT ini dibuat dengan memperhatikan iklim plus kondisi jalanan di Asia Tenggara, khususnya Indonesia yang memiliki musim hujan dan kerap banjir.

Akhirnya, lahirlah mode ‘Wet’ pada XForce. Tiga Drive Mode lainnya adalah Normal, Mud, Gravel.

“Jadi ada empat Drive Mode yang ada di dalam mobil yakni Normal, Gravel, Wet, sama Mud,” kata Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia Rifat Sungkar.

Mode ‘Normal’ digunakan pada medan jalan yang umum, sementara ‘Gravel’ maupun ‘Mud’ masing-masing dipakai ketika melibas medan tanah/kerikil serta lumpur. Adapun ‘Wet’ bisa diaktifkan saat situasi hujan atau di jalanan yang tergenang air.

Empat Drive Mode pada XForce bekerja dengan mengatur berbagai komponen. Mesin, transmisi, gas, rem, Power Steering, Traction Control, Active Stability Control, plus Active Yaw Control bakal disesuaikan dengan mode yang dipilih.

“Itu semua akan terkalibrasi untuk tindakan preventif,” jelas Rifat.

Head of Technical Sales Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) M Arif Dwiyanto menerangkan bahwa mode ‘Wet’ akan Traction Control System dan Active Yaw Control bekerja dengan lebih sensitif dalam mengatur pembagian torsi maupun kekuatan pengereman pada setiap roda.

Power Steering menjadi lebih berat dan akselerasi pedal gas menjadi lebih lambat.

“Respons gas dibuat setingkat lebih (pelan) dari normal,” tukasnya saat diwawancara dalam Media Test Drive XForce.

Empat Drive Mode XForce sendiri cukup diatur melalui tombol di sebelah tuas transmisi. Pilihan Drive Mode pengemudi bakal muncul di layar Meter Cluster, sehingga gampang untuk dipantau.

XForce adalah compact sport utility vehicle (SUV) baru yang menjalani debut global pada Agustus 2023 di Indonesia.

Untuk sekarang, XForce dipasarkan dalam dua varian yakni Exceed CVT serta Ultimate CVT yang per Januari 2024 berharga on the road (OTR) Jakarta masing-masing Rp379,9 juta dan Rp412,9 juta.

KEYWORD :

Mitsubishi XForce Drive Mode Wet




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :