Sabtu, 04/05/2024 06:37 WIB

Total Ada 15 Politisi Daftar Calon Presiden Korea Selatan

Kampanye Presiden Korea Selatan yang akan dihelat pada 9 Mei setelah pemberhentian Presiden Park Geun Hye, dimulai pada hari Senin (17/04) kemarin.

Para Kandidat Presiden Korea Selatan (Foto: Financialexpress)

Seoul - Kampanye Presiden Korea Selatan yang akan dihelat pada 9 Mei setelah pemberhentian Presiden Park Geun Hye, dimulai pada hari Senin (17/04) kemarin, survei sementara menunjukkan kandidat dari Partai Demokrat yakni Moon Jae-in memimpin perolehan sementara.

Dilansir dari financialexpress, total terdapat 15 politisi yang telah resmi terdaftar sebagai calon presiden dan akan berpartisipasi dalam kampanye pemilihan yang akan dilakukan selama 22 hari, dan akan mencapai puncaknya pada 8 Mei 2017.

Menurut kantor berita Efe, Moon Jae In dari partai Demokrat (saat ini pemegang kursi parlemen terbanyak) merupakan favorit banyak orang untuk jadi presiden baru Korea Selatan.

Pemecatan presiden Park Geun Hye karena skandal korupsi, mengakibatkan hampir sebagian besar kandidat memfokuskan kampanye pada perang melawan korupsi dan pembatasan kekuasaan bagi para "chaebol" (sebutan untuk konglomerat Korea Selatan) yang sebagian besarnya terlibat dalam skandal korupsi bersama mantan Presiden Park Geun Hye.

Beberapa kandidat calon presiden Korea Selatan itu adalah:

1. Moon Jae In
2. Hong Jun Pyo
3. Ahn Cheol Soo
4. yoo Seung Min
5. Sim Sang Jung
6. Cho Won Jin
7. Oh Young Guk
8. Chang Sung Min
9. Lee Jae oh
10. Kim Sun Dong
11. Nam Jae Jun
12. Lee Kyung Hee
13. Kim Jung Son
14. Yoon Hong Sik
15. Kim Min Chan

Banyak ahli politik melihat pemilu ini sebagai pertarungan yang jelas antara Moon Jae In dan Ahn Cheol Soo yang memperoleh 80% voting. Moon yang pernah dikalahkan Park pada pemilu 2012 lalu, telah memimpin jajak pendapat sejak awal, meski minggu lalu sempat turun tiga poin, namun ia tetap menjadi kandidat presiden terkuat.

KEYWORD :

Korea Selatan Pemilihan Presiden




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :