Senin, 13/05/2024 08:30 WIB

Valuasi Saham Vale Ketinggaan, Erik Siapkan Dua Opsi

Jumlah saham yang akan didivestasikan ke Holding BUMN Pertambangan, MIND ID sudah disepakati sebanyak 14%

PT Vale Indonesia Tbk (Bizlaw)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri BUMN Erick Thohir bakal evaluasi harga saham yang diberikan PT Vale Indonesia Tbk, pasalnya harga yang diajukan masih ketinggian.

Jumlah saham yang akan didivestasikan ke Holding BUMN Pertambangan, MIND ID sudah disepakati sebanyak 14%.

"Kan saya sudah jawab bahwa master agreement untuk 14 persennya sudah sepakat tapi valuasinya belum. Nah tentu kendalanya ya sama kita merasa valuasi ketinggian," terang Erick Thohir di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (23/11/2023).

Oleh karena itu, terdapat dua opsi yang akan didorong oleh pihaknya.

"Satu, memang kita melepas jadikan dia punya kawasan besar sebagian dilepas memang seperti itu. Semua BUMN juga ada pelepasan, pengusaha swasta ada pelepasan, ya bisa saja untuk menekan valuasi di lepas, salah satu opsinya. Kalau mereka gak mau ya kita mesti ketemu valuasinya," papar Erick Thohir.

Sebelumnya, Wakil Menteri Badan Usaha MIlik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan pemeritah masih dalam proses menghitung valuasi harga dari 14 persen saham PT Vale Indonesia Tbk yang akan didivestasikan ke Holding BUMN Pertambangan MIND ID.

Kendati demikian, pria yang akrab disapa Tiko itu menegaskan bahwa pemerintah Indonesia tetap menginginkan perusahaan berkode emiten INCO itu memberikan harga yang murah.

"Vale kita sudah tandatangan HOA, kita akan ambil 14% sehingga jadi 34%. Kita sudah sepakat governance nya dan kemarin pak presiden sdudah tandatangan. Kita tinggal nanti valuasi, kita kan maunya diskon," terangnya ketika ditemui di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (23/11/2023).

KEYWORD :

Valuasi Saham Vale Erick Thohir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :