Kamis, 16/05/2024 21:09 WIB

Kehumasan Jadi Kunci Kesuksesan IKU Perguruan Tinggi

Kehumasan menjadi salah satu penentu kesuksesan mencapai indikator kinerja utama (IKU).

Talkshow kehumasan di Universitas Tarumanagara (Foto: Youtube Untar)

Jakarta, Jurnas.com - Kehumasan memegang peranan penting dalam mendukung reputasi perguruan tinggi, serta menjadi salah satu penentu kesuksesan mencapai indikator kinerja utama (IKU).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III, Toni Toharudin, saat membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dan Talkshow `Peran Strategis Humas PTS dalam Mendukung Reputasi`, di kampus Universitas Tarumanagara (Untar) pada Senin (6/11) lalu.

Kegiatan yang diselenggarakan hasil kolaborasi LLDikti III dan Untar ini turut dihadiri oleh perwakilan dari 109 perguruan tinggi.

Menurut Toni, sebuah perguruan tinggi harus dapat mengelola informasi yang diterima publik dengan baik, terlebih dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat.

"Humas menentukan kesuksesan indikator kinerja utama untuk meningkatkan reputasi sebuah perguruan tinggi melalui rekognisi media dan publikasi berbasis teknologi," kata Toni.

Kepala Kantor Humas Untar, Paula T. Anggarina dalam laporannya mengatakan bahwa dari 302 perguruan tinggi di bawah LLdikti III, yang telah memiliki bagian kehumasan dalam struktur organisasinya baru sekitar 45 persen.

"Diselenggarakannya acara ini bertujuan untuk memberikan masukkan kepada perguruan tinggi bahwa keberadaan organisasi Humas sangat penting dalam mendorong peningkatan reputasi. Diharapkan kelak seluruh perguruan tinggi memiliki humas," ungkap Paula.

FGD dilakukan bersama perwakilan humas dari perguruan tinggi swasta (PTS) di lingkungan LLDikti III, guna memberikan rekomendasi dalam bentuk pedoman operasional bagi pengelolaan manajemen humas perguruan tinggi yang akan menjadi referensi bagi PTS di lingkungan LLDikti III.

Selain FGD, diadakan pula talkshow yang menghadirkan pembicara yaitu Penanggung Jawab Kehumasan Ditjen Diktiristek Doddy Zulkifli Indra Atmaja dan Dinna Handini, serta Kepala Biro Humas dan Kantor Informasi Publik Universitas Indonesia Amelita Lusia.

"Melalui FGD yang kita lakukan hari ini dapat mendorong setiap perguruan tinggi memiliki struktur kehumasan yang nyata darena dapat membantu menambah reputasi perguruan tinggi masing-masing," kata Doddy.

Sementara itu, Rektor Universitas Tarumanagara, Agustinus Purna Irawan, memandang peran humas sebagai ujung tombak penyebaran informasi dan menyerap informasi dari seluruh pemangku kepentingan.

"Oleh karena itu, kegiatan ini menjadi kesempatan bagi institusi untuk mengeksplorasi bidang kehumasan melalui kolaborasi antarperguruan tinggi yang dapat bermanfaat bagi pendidikan di Indonesia," tutup Agustinus.

KEYWORD :

Kehumasan Indikator Kinerja Utama IKU Perguruan Tinggi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :