Selasa, 07/05/2024 23:29 WIB

Keluarga Gaza Kenakan Gelang Tanda Pengenal untuk Hindari Penguburan Massal

Keluarga Gaza Kenakan Gelang Tanda Pengenal untuk Hindari Penguburan Massal

Warga Palestina Ali Daba menandai anak mereka dengan gelang untuk membantu mengidentifikasi mereka, di Khan Younis di Jalur Gaza selatan 24 Oktober 2023. Foto: Reuters

GAZA - Dengan banyaknya jenazah, warga Palestina di Gaza menguburkan jenazah tak dikenal di kuburan massal, dengan nomor dan bukan nama, kata warga. Kini beberapa keluarga menggunakan gelang dengan harapan dapat menemukan orang yang mereka cintai jika mereka terbunuh.

Keluarga El-Daba telah berusaha mengurangi risiko terkena serangan Israel selama pemboman terberat yang pernah terjadi di Gaza. Israel melancarkan serangan udara setelah militan Hamas menyerang kota-kota Israel pada 7 Oktober dalam serangan yang menewaskan 1.400 orang dan menyandera.

Ali El-Daba, 40, mengatakan dia melihat mayat-mayat terkoyak akibat pemboman dan tidak dapat dikenali.

Dia mengatakan dia memutuskan untuk memecah belah keluarganya untuk mencegah mereka semua meninggal dalam satu serangan. Dia mengatakan istrinya Lina, 42, menjaga dua putra dan dua putri mereka di Kota Gaza di utara dan dia pindah ke Khan Younis di selatan bersama tiga anak lainnya.

El-Daba mengatakan dia bersiap menghadapi kemungkinan terburuk. Dia membeli gelang tali biru untuk anggota keluarganya dan mengikatnya di kedua pergelangan tangan. “Jika terjadi sesuatu,” katanya, “dengan cara ini saya akan mengenali mereka.”

Keluarga Palestina lainnya juga membeli atau membuat gelang untuk anak-anak mereka atau menuliskan nama mereka di lengan mereka.

PENGUBURAN MASAL
Pemakaman massal telah diizinkan oleh ulama Muslim setempat. Sebelum dimakamkan, petugas medis menyimpan gambar dan sampel darah orang mati dan memberi nomornya.

Militer Israel telah memerintahkan warganya untuk meninggalkan bagian utara Jalur Gaza, salah satu tempat terpadat di dunia, dan menuju ke selatan karena lebih aman. Namun serangan udara telah menghantam daerah kantong yang dikuasai Hamas.

Seorang juru bicara militer Israel mengatakan: "IDF (Pasukan Pertahanan Israel) telah mendorong penduduk Jalur Gaza utara untuk pindah ke selatan dan tidak tinggal di sekitar sasaran teror Hamas di Kota Gaza."

“Tetapi, pada akhirnya, Hamas telah menempatkan dirinya di antara penduduk sipil di seluruh Jalur Gaza. Jadi, di mana pun sasaran Hamas muncul, IDF akan menyerangnya untuk menggagalkan kemampuan teroris kelompok tersebut, sambil mengambil tindakan pencegahan yang layak untuk mengurangi dampak buruknya. kepada warga sipil yang tidak terlibat."

Militer Israel mengintensifkan pemboman di Gaza selatan semalam setelah salah satu hari paling mematikan bagi warga Palestina sejak 7 Oktober. Para pemimpin dunia telah menyerukan penghentian pertempuran untuk memungkinkan bantuan masuk ke daerah kantong yang terkepung, yang kehabisan air, makanan, bahan bakar dan bahan bakar. obat.

Sebanyak 756 warga Palestina, termasuk 344 anak-anak, tewas dalam 24 jam terakhir, kata kementerian kesehatan Gaza pada hari Rabu. Dikatakan setidaknya 6.546 warga Palestina telah tewas akibat pemboman Israel sejak 7 Oktober, termasuk 2.704 anak-anak.

KEYWORD :

Israel Palestina Serangan Hamas Gelang Pengenal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :