Kamis, 16/05/2024 23:59 WIB

Tips Jaga Kesehatan Ginjal

Ginjal memiliki peran yang penting di dalam tubuh. Ketika fungsi ginjal terganggu maka dapat menyebabkan beberapa komplikasi serius. 

Cara Menjaga Ginjal ( Foto : CNN )

Jakarta, Jurnas.com - Ginjal merupakan salah satu organ vital yang memiliki peran penting di dalam tubuh manusia, salah satunya yaitu menyaring darah. Maka dari itu, menjaga kesehatan ginjal perlu Anda lakukan agar fungsinya pada tubuh tetap berjalan dengan optimal.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal tersebut?

Berikut ini tips menjaga ginjal agar tetap sehat.

Mengonsumsi makanan bergizi

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran juga dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Selain itu, Anda juga dapat memilih makanan untuk kesehatan ginjal yang mengandung kandungan ion seimbang.

Minum air putih yang cukup

Air putih akan membantu proses ekresi zat beracun pada ginjal dan dikeluarkan melalui urine. Maka dari itu, minum air putih yang cukup dapat meringankan kerja ginjal dalam memproduksi urine.

Anda disarankan untuk minum air putih yang cukup, minimal 2 liter sehari.

Menjaga kestabilan tekanan darah

Anda dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil dengan mencukupi waktu tidur, membatasi asupan garam agar tidak lebih dari 2.000 miligram atau sekitar 1 sendok teh per hari, mengelola stres, dan lain sebagainya.

Hindari rokok dan minuman beralkohol

Gaya hidup tidak sehat, seperti merokok dan mengonsumsi alkohol berlebih, diketahui dapat memperburuk kesehatan ginjal. Pasalnya, kebiasan merokok dan konsumsi alkohol berlebihan ini dapat memicu naiknya tekanan darah dan memengaruhi kesehatan ginjal.

Konsumsi obat atau suplemen anjuran dokter

Konsumsi obat yang tidak sesuai anjuran dapat mengakibatkan seseorang mengalami overdosis. Overdosis ini dapat merusak organ-organ di dalam tubuh, tidak terkecuali dengan ginjal.

Rutin berolahraga

Rutin berolahraga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Dengan begitu, ginjal dapat menyaring darah secara optimal.

KEYWORD :

Ginjal tips menjaga




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :