Jum'at, 17/05/2024 08:54 WIB

Obat Ampuh Asma yang bisa dijumpai di Apotik

Leukotrien modifiers adalah salah satu obat asma yang bekerja untuk menghentikan aksi leukotrien. 

Obat asma yang ampuh ( Foto : Alodokter )

Jakarta, Jurnas.com - Asma adalah salah satu penyakit pernapasan kronis yang menyebabkan saluran napas meradang dan menyempit.  Beberapa pemicunya seperti alergi udara dingin, debu, maupun bulu binatang. 

Sayangnya, asma tidak bisa sembuh total. Tetapi, masih bisa mengendalikan dan meredakan gejalanya. Ada beberapa obat asma yang ampuh yang bisa didapatkan di apotek.

Long-acting beta-agonist

Beta agonist merupakan salah satu jenis obat bronkodilator yang bertujuan menghasilkan efek melegakan pernapasan. Obat ini umumnya dengan cara dihirup. Dan yang termssuk jenis obat ini yakni formoterol dan salmeterol.

Kortikosteroid hirup

Obat ini biasanya perlu Anda pakai tiap hari. Beberapa contoh kortikosteroid hirup, termasuk beclomethesone, budesonide, dan fluticasone.

Pengubah leukotrien (leukotrien modifiers)

Obat asma yang satu ini bekerja untuk menghentikan aksi leukotrien. Leukotrien sendiri adalah zat dalam tubuh yang bisa memicu serangan gejala asma.
Jenis obat pengubah leukotrien, diantaranya montelukast dan zafirlukast. Anda bisa minum pil ini setiap satu hari sekali.

Short-acting beta-agonist

Obat ini bekerja dengan melonggarkan otot-otot di saluran pernapasan serta meredakan gejala asma, seperti mengi (napas bunyi), dada terasa sesak, batuk, dan sesak napas. Contoh obat short-acting beta-agonist, yaitu albuterol dan levalbuterol.

Teofilin

Teofilin bekerja untuk membantu melebarkan saluran pernapasan dengan mengendurkan otot-otot di sekitarnya sehingga pasien asma dapat bernapas dengan lancar. Anda bisa meminum obat batuk asma ini secara oral atau dengan cara dihirup.

Antikolinergenik

Beberapa obat antikolinergenik, yaitu ipratropium dan tiotropium bromide.Anda mungkin akan diberikan ipratropium dalam bentuk inhaler. Sementara, tiotropium bromide dalam bentuk inhaler kering, jadi kamu akan menghirup obat bubuk.
KEYWORD :

Asma Obat apotik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :