Sabtu, 18/05/2024 15:27 WIB

Alasan Penting Anda Wajib untuk Me Time

Lakukan me time untuk merilekskan pikiran, ini untuk menghindari perasaan depresi akibat beban yang ditugaskan

Salah satu cara me time ( Foto : Republika )

Jakarta, Jurnas.com - Di tengah kesibukan bertugas di rumah hingga tanggung jawab kantor yang menguras tenaga, waktu, dan pikiran. Tak salahnya jika Anda bisa melakukan libur "Me time".

Tentunya, dengan libur panjang pun jadi kesempatan baik untuk beristirahat dan memberikan waktu lebih banyak untuk diri sendiri.

Meski terkesan egois, justru "me time" punya sederet manfaat luar biasa untuk diri Anda.

1. Pikiran lebih fokus

Dalam rutinitas sehari-hari, pikiran bisa terpecah untuk banyak hal yang dipikirkan sehingga tak jarang menimbulkan stres. Maka, Me time mengizinkan Anda sejenak untuk tidak memikirkan beban pekerjaan maupun tanggung jawab pada atasan.

Aak diri untuk menikmati momen dan fokus pada kondisi kini. Niscaya pikiran akan lebih tenang dan kembali fokus.

2. Lebih bersemangat bekerja

Dikutip dari Science Daily, menyarakan seseorang untuk mengambil waktu sendiri atau mengisi baterai untuk mengalami momen berkualitas. Hal itu bermanfaat untuk kesejahteraan psikologis terutama bagi pekerja, akan memberikan performa kerja yang lebih baik di kemudian hari.

3. Mengenal diri lebih baik

Menjauhkan diri sejenak dari rutinitas membuat seseorang bakal mengenal dirinya dengan lebih baik. Dan dengan Me time, memungkinkan orang untuk bersyukur sekaligus memaafkan apa yang telah terjadi sebagai bagian dari proses.

4. Lebih mandiri

Menyediakan waktu untuk diri sendiri artinya orang tak perlu berkoordinasi dengan kawan atau keluarga. Hanya perlu waktu luang dan melupakan kesibukan barang sebentar saja.

Ini juga akan melatih agaf tidak bergantung pada orang lain, belajar untuk menghargai diri sendiri sehingga muncul kesadaran bahwa kebahagiaan itu tidak melulu datang dari orang lain.

Selain itu, juga bisa menghemat pengeluaran karena tak pusing memikirkan kepentingan orang lain. Semuanya diatur oleh diri sendiri dan untuk kepentingan diri sendiri.

5. Semakin kreatif

Mengisi me time tak hanya duduk merenung sembari menyesap kopi. Ada beberapa kegiatan lain yang bisa dilakukan agar memunculkan kreativitas seseorang untuk menemukan cara agar dirinya senang, rileks, dan menikmati dengan sepenuh hati.

KEYWORD :

Me time dampak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :