Kamis, 16/05/2024 21:35 WIB

AS Umumkan Paket Bantuan Militer Baru untuk Dukung Ukraina

Paket bantuan militer baru Ukraina mencakup tambahan pertahanan udara dan amunisi artileri, peralatan pembersihan ranjau, dan kendaraan medis.

Penerbang AS menggunakan forklift untuk memindahkan peluru 155 mm yang akhirnya menuju Ukraina, di Pangkalan Angkatan Udara Dover, Delaware, 29 April 2022 29 April 2022 (AP / Alex Brandon)

JAKARTA, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) mengumumkan paket bantuan militer baru untuk mendukung Ukraina yang mencakup tambahan pertahanan udara dan amunisi artileri, peralatan pembersihan ranjau, dan kendaraan medis.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken menjelaskan, paket terbaru tersebut mencakup peralatan pembersihan ranjau tambahan, rudal untuk pertahanan udara, amunisi untuk artileri dan sistem HIMAR (Roket Artileri Mobilitas Tinggi), dan lebih dari tiga juta butir amunisi senjata ringan.

"AS dan sekutu serta mitra kami akan bersatu dengan Ukraina, selama diperlukan," kata Blinken dalam sebuah pernyataan.

Peralatan tersebut didanai melalui uang yang sebelumnya disetujui oleh Kongres.

Lebih dari US$43 miliar bantuan militer AS telah diberikan ke Ukraina sejak invasi Rusia dimulai pada Februari 2022. Presiden Joe Biden awal bulan ini meminta Kongres untuk menyetujui bantuan tambahan sebesar US$24 miliar.

Baik anggota Partai Demokrat dan Partai Republik di Kongres mendukung bantuan Ukraina, namun beberapa anggota Partai Republik sayap kanan – terutama yang bersekutu dengan mantan Presiden Donald Trump – ingin mengurangi bantuan.

Pasukan Ukraina memulai serangan balasan di timur dan selatan pada awal Juni namun kemajuannya lambat melalui ladang ranjau dan parit Rusia yang menghalangi pergerakan mereka ke selatan.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Amerika Serikat Bantuan Militer Ukraina Invasi Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :