Jum'at, 17/05/2024 06:20 WIB

Sekjen DPR Pastikan Fasilitasi Kunjungan Ketua Majelis Nasional Vietnam ke Indonesia

Ya dulu pernah ada draf MoU yang dibuat antara Indonesia dengan Vietnam (Parlemen Indonesia dengan Vietnam) itu sudah cukup lama sehingga mereka menyarankan untuk diperbaiki MoU-nya sesuai dengan urgensi saat ini.

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar saat pidato sambutan acara Focus Group Discussion (FGD) Pencegahan Potensi Permasalahan dalam Pengadaan Barang/Jasa yang digelar oleh Inspektorat Utama Sekretariat Jenderal DPR RI di Ruang Abdul Muis, Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (28/2/2023). (Foto: Jaka/Man)

Jakarta, Jurnas.com - Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI siap membantu persiapan kunjungan Ketua Majelis Nasional Vietnam Yang Mulia Vuong Dinh Hue ke Indonesia yang direncanakan pada tanggal 4 sampai 6 Agustus mendatang.

Hal itu diutarakan Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar usai menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Vietnam Tan Van Thong di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (12/7).

Direncanakan, Ketua Majelis Nasional Vietnam akan menggunakan pesawat pribadi dengan jumlah delegasi sebanyak 100 orang yang terdiri dari Anggota Parlemen dan juga pelaku bisnis dari Vietnam yang akan bertemu dengan KADIN. 

Dalam kunjungan tersebut, Delegasi Majelis Nasional Vietnam juga akan membicarakan perpanjangan draf MoU antara Indonesia dengan Vietnam yang sudah harus diperbaharui karena kadaluarsa.

Draf MoU, jelas Indra, akan disampaikan melalui Kedutaan Besar Indonesia di Hanoi yang diharapkan dapat ditandatangani saat penyelenggaraan Sidang Umum AIPA yang akan berlangsung 6 sampai 10 Agustus yang akan datang.

“Ya dulu pernah ada draf MoU yang dibuat antara Indonesia dengan Vietnam (Parlemen Indonesia dengan Vietnam) itu sudah cukup lama sehingga mereka menyarankan untuk diperbaiki MoU-nya sesuai dengan urgensi saat ini,” ungkap Indra.

Di sisi lain, Indra melanjutkan, dalam kunjungan Ketua Majelis Nasional Vietnam saat ke Indonesia nantinya akan mengagendakan pertemuan dengan Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani pada tanggal 4 Agustus 2023 mendatang meliputi pertemuan dan juga jamuan resmi.

Lalu, dilanjutkan pertemuan dengan Presiden Republik Indonesia yang berupa kunjungan kehormatan. 

“Kami akan menjajaki tentu hal ini kepada Sekretariat Presiden untuk jadwal Bapak Presiden berkaitan kunjungan (Delegasi Vietnam) ke Indonesia,” terang Indra.

Tak hanya itu, Indra pada kesempatan tersebut juga menerangkan bahwa dari delegasi DPR saat ini sedang menghadiri `The 14th Meeting of The ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA Caucus) di Phu Quoc, Kien Giang, Vietnam, sejak Minggu (9/7) dalam rangka pertemuan dengan komisi luar negeri Majelis Nasional Vietnam.

Pada pertemuan itu, ungkap Indra, pihak delegasi Vietnam menyampaikan beberapa tambahan agenda kunjungan yang ingin dilaksanakan oleh Delegasi Vietnam. 

Diantaranya rencana pertemuan dengan Ketua DPD RI, pertemuan dengan Presiden ke-5 Indonesia, pertemuan dengan Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI-Parlemen Vietnam, lalu  pidato kuliah umum terkait kebijakan luar negeri Vietnam terhadap Indonesia di Universitas yang dihadiri oleh para peneliti, mahasiswa dan institusi yang punya kerjasama dengan Vietnam.

“Yang kelima, yaitu mengadakan bisnis forum dengan tuan rumah dari pihak eksekutif pada tanggal 5 Agustus dengan fokus investasi perdagangan dengan mengundang KADIN, kementerian terkait dan kalangan industri yang terkait ekspor impor antara Indonesia dengan Vietnam,” papar Indra.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Kepala Biro Kerja-Sama Antar Parlemen Endah Tjahjani Dwirini dan Kepala Biro Protokol Sekretariat Jenderal DPR RI Suratna.

 

KEYWORD :

Sekjen DPR Indra Iskandar Ketua Majelis Vietnam Duta Besar Tan Van Thong




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :