Sabtu, 18/05/2024 11:35 WIB

Prancis akan Kirim Rudal Jarak Jauh SCALP ke Ukraina

 Macron mengatakan Paris akan mengirim rudal SCALP, yang sudah dipasok oleh London dengan nama

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Emmanuel Macron mengatakan,  Prancis akan memberi Ukraina rudal jelajah jarak jauh SCALP untuk membantu pasukan Kyiv menyerang target jauh di belakang garis Rusia.

Sesampainya di KTT NATO yang berfokus pada pertempuran Kyiv melawan invasi Moskow, Macron mengatakan Paris akan mengirim rudal SCALP, yang sudah dipasok oleh London dengan nama "Storm Shadow".

Macron mengatakan pengiriman rudal baru itu dirancang untuk memungkinkan Ukraina menyerang pasukan pendudukan Rusia “secara mendalam” selama serangan balasannya untuk membebaskan wilayahnya.

SCALP/Storm Shadow adalah senjata Anglo-Prancis dengan jangkauan 250 kilometer (155 mil), senjata Barat terpanjang yang dipasok ke Ukraina sejauh ini, dan Inggris mengumumkan pada bulan Mei bahwa mereka akan memasok batch yang lebih canggih.

Rusia bereaksi dengan marah, memperingatkan bahwa London berisiko terseret langsung ke dalam konflik, dan bahkan beberapa sekutu Barat khawatir Kyiv mungkin melakukan serangan ke Rusia sendiri.

Namun, Macron menyiratkan bahwa Ukraina telah berjanji untuk tidak menggunakan SCALP terhadap target semacam itu, dengan mengatakan bahwa mereka telah diberikan “sesuai dengan doktrin kami, yaitu untuk mengizinkan Ukraina mempertahankan wilayahnya sendiri.”

Macron tidak mengatakan berapa banyak rudal yang akan dikirim, tetapi Prancis diketahui memiliki persenjataan kurang dari 400, menurut tinjauan spesialis pertahanan DSI.

Kremlin mengatakan akan menanggapi keputusan Prancis untuk memasok Kyiv dengan rudal jarak jauh yang dapat membantu Ukraina menyerang sasaran jauh di belakang garis Rusia.

"Dari sudut pandang kami, keputusan ini merupakan kesalahan dengan konsekuensi bagi pihak Ukraina, karena ini tentu saja akan memaksa kami mengambil tindakan balasan," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Sumber: Al Arabiya

KEYWORD :

Rudal Jarak Jauh Scalp Prancis Kirim Rudal ke Ukraina Perang Rusia Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :