Senin, 13/05/2024 21:16 WIB

Mantan Gelandang Barcelona dan Inter Milan Luis Suarez Meninggal Dunia

Mantan gelandang Barcelona dan Inter Milan Luis Suarez meninggal dunia pada usia 88 tahun.

Mantan gelandang Barcelona dan Inter Milan Luis Suarez meninggal dunia pada usia 88 tahun. (Foto: CaughtOffside)

JAKARTA, Jurnas.com - Mantan gelandang Barcelona dan Inter Milan Luis Suarez, satu-satunya pesepakbola pria kelahiran Spanyol yang memenangkan Ballon d`Or, meninggal dunia pada usia 88 tahun.

Suarez, yang bergabung dengan Barca pada 1955, memenangkan Ballon d`Or, trofi individu sepak bola paling bergengsi, setelah meraih gelar ganda liga dan piala bersama tim Katalan itu pada 1959.

Dia juga memenangkan 32 caps untuk Spanyol dan merupakan bagian dari skuad yang memenangkan Kejuaraan Eropa pada tahun 1964. "Luis Suarez Miramontes meninggal dunia Minggu ini di Milan pada usia 88 tahun," kata Barcelona dalam sebuah pernyataan.

"Dikenal sebagai `Luisito`, dia dianggap oleh semua orang sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola Spanyol, serta menjadi bagian penting dari Barca di paruh kedua tahun 1950-an."

Suarez bergabung dengan Inter pada tahun 1961, memenangkan tiga gelar Serie A, dua Piala Eropa, dan dua Piala Interkontinental selama sembilan tahun di Milan.

"Mengucapkan selamat tinggal kepada Luisito meninggalkan kami dengan kesedihan yang mendalam: nostalgia untuk sepak bolanya yang sempurna dan tak tertandingi, yang mengilhami generasi, digabungkan dengan kenangan pesepakbola unik dan pemain Inter yang hebat," kata Inter dalam sebuah pernyataan terpisah.

"Kami akan merindukannya, karena (mantan manajer Inter) Helenio Herrera berkhotbah, `Jika Anda tidak tahu harus berbuat apa, berikan bola kepada Suarez`," sambungnya.

Setelah pensiun dari bermain pada tahun 1973 Suarez melanjutkan untuk mengelola Inter, Deportivo La Coruna, Cagliari dan SPAL. Dia juga memimpin tim nasional Spanyol antara 1988-91, memimpin mereka melewati babak penyisihan grup Piala Dunia 1990.

Alfredo di Stefano, yang memenangkan Ballon d`Or pada tahun 1957 dan 1959, lahir di Argentina tetapi mengambil kewarganegaraan Spanyol pada tahun 1956.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Gelandang Barcelona dan Inter Milan Luis Suarez Meninggal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :