Sabtu, 18/05/2024 13:46 WIB

Sempat Hilang, Jurnalis di Meksiko Ditemukan Tewas

Sempat Hilang, Jurnalis di Meksiko Ditemukan Tewas

Ilustrasi jurnalis (Foto: Doknet)

Mexico City, Jurnas.com - Jurnalis Meksiko, Luis Martin Sanchez Iniguez yang sebelumnya dikabarkan sempat hilang, ditemukan tewas di negara bagian Nayarit, dengan tanda-tanda kekerasan.

Wartawan 59 tahun itu bekerja untuk surat kabar La Jornada. Dia hilang sejak Rabu lalu, dan istrinya mengajukan laporan orang hilang kepada aparat kepolisian pada Jumat.

Dikutip dari Reuters pada Minggu (9/7), jasadnya ditemukan di pinggiran Kota Tepic. Belum diketahui penyebab Sanchez Iniguez tewas, namun pihak berwenang memperkirakan kematiannya terjadi 24-48 jam sebelum tubuhnya ditemukan.

Penemuan jasad Sanchez Iniguez terjadi saat pihak berwenang sedang menyelidiki dua potensi kejahatan lainnya terhadap pekerja media di Nayarit. Pekerja media lainnya dilaporkan hilang pada 4 Juli, dan belum ditemukan hingga kini.

Keamanan jurnalis menjadi sorotan di Meksiko. Pada 7 Juli lalu, dua pria bersenjata masuk ke apartemen jurnalis Jonathan Lora Ramirez, dan mmemaksanya masuk ke dalam mobil.

Lora Ramirez akhirnya ditemukan hidup dan dalam keadaan sehat. Namun, pihak berwenang sedang menyelidiki kejahatan penahanan ilegal.

Di Meksiko, awak media yang menyelidiki korupsi, kejahatan, dan kartel narkoba seringkali berisiko tinggi. Negara ini secara konsisten menempati peringkat sebagai salah satu negara paling mematikan bagi jurnalis, menurut kelompok kebebasan pers.

KEYWORD :

Meksiko Jurnalis Tewas Kebebasan Pers




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :