Sabtu, 18/05/2024 11:56 WIB

KPK Minta Menpora Dito Ariotedjo Segera Laporkan Harta

KPK mempersilakan Dito Ariotedjo untuk memenuhi salah satu kewajiban-nya sebagai penyelenggara negara. 

Menpora Dito Ariotedjo penuhi panggilan Kejaksaan Agung (Kejagung). (Foto: Gery/Jurnas).

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengimbau Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo untuk segera menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

"Kami berharap seluruh penyelenggara negara yang jadi wajib lapor LHKPN, menyampaikan LHKPN-nya, baik itu secara berkala maupun baru menjabat," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

KPK mempersilakan Dito Ariotedjo untuk memenuhi salah satu kewajiban-nya sebagai penyelenggara negara. Nantinya, KPK akan melakukan klarifikasi harta kekayaan Dito.

Juru bicara berlatar belakang jaksa itu mengakui belum ada sanksi tegas bagi para penyelenggara negara yang terlambat melaporkan LHKPN-nya.

Meski demikian KPK saat ini tengah mempersiapkan strategi baru untuk memperkuat fungsi pengawasan dan monitoring melalui instrumen LHKPN.

"Secara substansi LHKPN kan saat ini sanksinya administratif, oleh karena itu, saat ini justru kemudian KPK mengembangkan strategi baru," ujar Ali.

Sebelumnya, Dito Ariotedjo mengaku akan segera melaporkan kekayaan ke KPK. Sebab semenjak dilantik sebagai menteri, kata Dito, dia punya batas waktu 100 hari untuk lapor LHKPN.

"Minggu ini dilaporkan, karena memang batasnya 100 hari," kata Dito saat dikonfirmasi di Gedung Bundar Kejaksaan Agung (Kejagung), Senin (3/7).

Dito adalah pihak yang diwajibkan melaporkan harta kekayaannya sebagai penyelenggara negara. Dito dilantik sebagai oleh Presiden Jokowi menggantikan Zainudin Amali pada 3 April 2023.

Dito Ariotedjo merupakan Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Periode 2017-2022, organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar. Dito diketahui menjadi Ketua Panitia HUT Ke-58 Golkar pada tahun lalu.

Pria kelahiran Jakarta, 25 September 1990 itu adalah pengusaha yang pada 2021 bekerja sama dengan Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor untuk membentuk Rans Sport.

KEYWORD :

KPK Menteri Pemudan dan Olahraga Menpora Dito Ariotedjo LHKPN




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :