Kamis, 16/05/2024 23:00 WIB

Menteri Palestina Meninggal dalam Kecelakaan Mobil di Tepi Barat yang diduduki

Menteri Urusan Tahanan dan Mantan Tahanan Palestina, Qadri Abu Bakar meninggal dalam kecelakaan mobil di Nablus, Tepi Barat yang diduduki pada Sabtu (1/7) waktu setempat.

Seorang menteri Palestina tewas pada 1 Juli 2023 dalam kecelakaan mobil di Nablus. (Twitter)

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Urusan Tahanan dan Mantan Tahanan Palestina, Qadri Abu Bakar meninggal dalam kecelakaan mobil di Nablus, Tepi Barat yang diduduki pada Sabtu (1/7) waktu setempat.

Kantor berita resmi Palestina Wafa, melaporkan bahwa dua warga Palestina lainnya juga tewas dalam kecelakaan tersebut.

Lahir di desa Biddya di Tepi Barat, yang diduduki Israel pada tahun 1953, Abu Bakar telah menjadi menteri Otoritas Palestina sejak 2019.

Dalam sebuah pernyataan, Presiden Palestina, Mahmoud Abbas berduka atas Abu Bakar, menyampaikan belasungkawa kepada keluarganya dan rakyat Palestina. "Dia pejuang kemerdekaan yang kuat yang telah menghabiskan hidupnya membela Palestina, perjuangannya, rakyatnya," katanya.

"Abu Bakar telah berdiri di garis depan, membela negaranya dan rakyatnya di semua bidang aksi dan perjuangan nasional, dan di arena internasional, sejak awal gerakan nasional (Palestina),” lanjut Abbas.

Menteri Kesehatan Mai al-Kaila memuji Abu Bakar sebagai pejuang kemerdekaan pemberani yang mendedikasikan hidupnya untuk masalah tahanan politik Palestina di penjara Israel.

Sebagai informasi, Abu Bakar menghabiskan 17 tahun di penjara setelah dia ditangkap oleh pasukan Israel karena memindahkan senjata ke Tepi Barat. Dia kemudian diasingkan ke Irak, tetapi kembali dan menjabat sebagai Ketua Komisi Tahanan pada tahun 2018 hingga kematiannya.

Sumber: Al Arabiya

KEYWORD :

Kecelakaan Mobil Menteri Palestina Meninggal Qadri Abu Bakar Nablus Tepi Barat yang Diduduki




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :