Minggu, 28/04/2024 19:18 WIB

4 Makanan Sakti yang Bisa Bantu Redakan Kecemasan

4 Makanan Sakti yang Bisa Bantu Redakan Kecemasan

Pasangan stress (Foto: Doknet)

Jakarta, Jurnas.com - Sering kali kita merasakan kecemasan berlebih yang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Lalu, makan es krim atau cemilan menjadi jawaban sementara atas perasaan tersebut.

Meskipun manis dan memberikan kelegaan sementara, jenis makanan seperti itu sebenarnya malah merusak suasana hati. Makanan terlalu manis juga tidak baik untuk kesehatan.

Dikutip dari Daily Star, berikut ini 4 makanan super yang baik untuk membantu meredakan kecemasan:

1. Blueberry

Blueberry kaya akan antioksidan dan vitamin C. Buah super ini bahkan dapat meningkatkan daya ingat manusia, dan mampu memberikan perlindungan dari demensia.

Pakar nutrisi dari Top Nutrition Coaching, Megan Megan Hilbert, mengatakan, Blueberry juga mengandung flavonoid, yang berdampak pada kesehatan otak dan mengurangi peradangan saraf yang berhubungan dengan lonjakan kecemasan

2. Coklat pekat

Bagi yang suka mengonsumsi coklat saat sedang cemas atau stres, ini merupakan kabar baik. Namun, harus diperhatikan warnanya. Coklat yang baik untuk meredakan cemas ialah coklat dengan kadar yang lebih pekat, atau mengandung sekitar 70 persen kakao.

Menurut penelitian, cokelat hitam dapat meningkatkan suasana hati atau stres karena mengandung flavonoid, triptofan, dan magnesium. Magnesiun terbukti mengurangi kecemasan, baik dalam bentuk makanan maupun suplemen.

3. Telur

Murah meriah, begitulah sifat telur. Siapa sangka, makanan yang sehari-hari bisa kita temukan di dapur ini mampu menjadi salah satu alat pereda kecemasan.

Kuning telur adalah sumber vitamin D yang baik. Dan kekurangan vitamin D dikaitkan dengan kecemasan. Telur juga mengandung seretonin yang terbukti meningkatkan kemampuan otak dalam menghilangkan stres.

4. Teh Kamomil (Chamomile Tea)

Secangkir teh yang enak selalu menjadi pengubah suasana ketika Anda merasakan cemas atau sedih. Tapi, tidak semua teh memiliki khasiat untuk meredakan kecemasan. Pakar menyarankan untuk mengonsumsi teh kamomil.

Kamomil dipilih karena mengandung flavonoid. Studi menunjukkan, minum satu hingga tiga cangkir sehari, dapat mengurangi gejala kecemasan.

KEYWORD :

Makanan Super Meredakan Kecemasan Cemas Stres




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :