Senin, 29/04/2024 13:46 WIB

Ilmuwan Ciptakan Embrio Sintetis Manusia Pertama di dunia

Para ilmuwan mengatakan struktur seperti embrio ini dapat membantu kita memahami penyakit genetik dan penyebab biologis dari keguguran berulang (Getty Images)

JAKARTA, Jurnas.com - Para ilmuwan mengatakan mereka telah menciptakan embrio sintetis manusia pertama di dunia dari sel punca tanpa menggunakan sperma atau sel telur.

Struktur seperti embrio ini tidak memiliki organ seperti jantung yang berdetak atau otak, tetapi termasuk sel-sel yang biasanya akan membentuk plasenta, kantung kuning telur, dan embrio itu sendiri.

"Kita dapat membuat model mirip embrio manusia dengan memprogram ulang sel (batang embrionik)," kata Profesor Magdalena Zernicka-Goetz, dari University of Cambridge dan California Institute of Technology, mengatakan dalam sebuah pidato pada hari Rabu di pertemuan tahunan International Society for Stem Cell Research di Boston.

Penelitian ini, yang belum diterbitkan dalam jurnal, menimbulkan pertanyaan hukum dan etika, karena banyak negara saat ini tidak memiliki peraturan yang mengatur pembuatan dan manipulasi embrio sintetik.

"Tidak seperti embrio manusia yang timbul dari fertilisasi in vitro (IVF), di mana ada kerangka hukum yang mapan, saat ini tidak ada peraturan yang jelas yang mengatur model embrio manusia yang berasal dari sel punca. Ada kebutuhan mendesak akan peraturan untuk menyediakan kerangka kerja untuk pembuatan dan penggunaan model embrio manusia yang berasal dari sel punca," kata Direktur Penelitian Ssosiasi di Institut Francis Crick, James Briscoe dalam sebuah pernyataan.

Pada tahun 2022, kelompok penelitian Zernicka-Goetz dan Institut Weizmann di Israel menunjukkan bahwa sel punca dari tikus dapat mengatur dirinya sendiri menjadi struktur seperti embrio awal, memperlihatkan ciri-ciri seperti saluran usus, tahap awal otak, dan jantung yang berdetak.

Sejak itu, tim berlomba untuk mencapai hasil yang sama dengan sel manusia.

Dalam konferensi hari Rabu, Zernicka-Goetz menjelaskan penanaman embrio ke tahap perkembangan yang setara dengan 14 hari perkembangan untuk embrio alami.

"Model manusia kami adalah model embrio manusia tiga garis keturunan pertama yang menentukan sel amnion dan kuman, sel prekursor telur dan sperma," kata Zernicka-Goetz kepada Guardian. "Itu indah dan dibuat seluruhnya dari sel induk embrionik."

Peneliti senior di University of Manchester, Roger Sturmey mengatakan, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menentukan kesamaan dan perbedaan antara embrio sintetis dan embrio yang terbentuk dari penyatuan sel telur dan sperma.

"Karya dari Zernicka-Goetz ini belum sepenuhnya dinilai oleh komunitas ilmiah, tetapi menawarkan prospek yang menarik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan dapat memberikan alat penting untuk mempelajari perkembangan awal sambil mengurangi ketergantungan pada embrio manusia untuk penelitian semacam itu," kata dia.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Embrio Sintetis Manusia Penemuan Ilmuwan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :