Minggu, 28/04/2024 19:14 WIB

Empat Bersaudara Selamat 40 Hari Setelah Pesawat yang Ditumpanginya Jatuh di Hutan Amazon

Militer Kolombia mengumumkan berita itu dalam sebuah twit pada Jumat (9/6) malam, berbagi gambar yang memperlihatkan anak-anak bersama tentara dan petugas penyelamat.

Empat anak yang hilang setelah kecelakaan pesawat di hutan Amazon bulan lalu ditemukan dalam keadaan hidup, menurut pejabat di Kolombia. (Twitter / FuerzasMilCol)

JAKARTA, Jurnas.com - Empat anak yang hilang setelah kecelakaan pesawat di hutan Amazon bulan lalu ditemukan dalam keadaan hidup, menurut pejabat di Kolombia. Dengan yang termuda baru berusia 12 bulan, anak-anak tersebut bertahan selama hampir enam minggu.

Militer Kolombia mengumumkan berita itu dalam sebuah twit pada Jumat (9/6) malam, berbagi gambar yang memperlihatkan anak-anak bersama tentara dan petugas penyelamat.

"Penyatuan upaya memungkinkan kegembiraan ini bagi Kolombia. Kemuliaan bagi para prajurit Pasukan Militer Kolombia, bagi masyarakat adat dan institusi yang merupakan bagian dari Operasi Harapan," katanya, mengacu pada misi pencarian.

Presiden Kolombia Gustavo Petro merayakan penyelamatan itu di pos media sosialnya sendiri, juga menyebutnya sebagai kegembiraan bagi seluruh negeri. Meski kondisi anak-anak itu belum jelas, dia mengatakan kepada wartawan bahwa mereka "lemah" saat ditemukan dan sekarang sedang mendapat perawatan medis.

Keempat bersaudara itu dilaporkan terlihat di dekat perbatasan antara provinsi Guaviare dan Caqueta di Kolombia, tidak jauh dari lokasi jatuhnya pesawat Cessna bermesin tunggal yang jatuh di atas hutan pada 1 Mei.

Orang tua anak-anak itu tewas dalam kecelakaan itu, begitu pula pilot pesawat kecil itu. Tubuh mereka sebelumnya ditemukan di dekat pesawat, yang jatuh setelah kerusakan mesin.

Anak-anak, berusia 13, sembilan, empat, dan satu tahun, berasal dari suku asli Huitoto, yang berasal dari Kolombia selatan dan Peru utara. Para pejabat mengatakan dua anak tertua memiliki beberapa pengalaman bertahan hidup di hutan hujan, keterampilan yang mungkin telah membantu mereka menghadapi cobaan berat.

Akhir bulan lalu, Presiden Petro terpaksa mencabut pernyataan setelah menyatakan bahwa anak-anak itu telah ditemukan "setelah pencarian yang sulit oleh militer kita."

Dia kemudian meminta maaf atas pengumuman yang terlalu dini, dengan mengatakan bahwa informasi tersebut telah disampaikan kepadanya oleh Institut Kesejahteraan Keluarga Kolombia yang dikelola negara tetapi tidak dikonfirmasi.

Sedikitnya 150 tentara ambil bagian dalam operasi pencarian luas, serta helikopter dan pesawat militer lainnya. Pesawat-pesawat tersebut menjatuhkan perbekalan di atas area yang diperkirakan menjadi lokasi anak-anak, juga meluncurkan suar di malam hari untuk menerangi dedaunan tebal bagi penyelamat di darat.

Tim pencari juga menggunakan pengeras suara untuk memutar rekaman pesan dari nenek anak-anak tersebut yang menyuruh mereka untuk tetap diam, berharap mereka akan lebih mudah menerima suara yang dikenal.

Sumber: RT

KEYWORD :

Kecelakaan Pesawat Hutan Amazon Kolombia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :