Minggu, 28/04/2024 18:16 WIB

Ketua Komisi VIII DPR: Idul Fitri Momentum Konsolidasi Spiritual Jelang Pemilu 2024

Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Idul Fitri 1444 Hijriah merupakan momentum untuk konsolidasi spiritualitas dan sosial menjelang Pemilu 2024.

Hal itu sebagaimana diutarakan Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi dalam keterangan tertulis dikutip Minggu (23/4).

Idul Fitri merupakan momentum untuk konsolidasi spiritualitas dan sosial," terangnya.

Politikus PAN ini mengatakan, Idul Fitri dapat menjadi sumber energi spiritual dalam menyongsong Pemilu 2024. Oleh karena, Idul Fitri merupakan momentum kebangkitan spiritual, di mana umat Islam menyebutnya dengan istilah pencapaian takwa.

Selain itu, lanjutnya, Idul Fitri juga dapat menjadi sumber energi sosial dalam menyongsong Pemilu 2024 karena menjadi ruang bagi silaturahim akbar. "Mulai dari ruang lingkup keluarga, pertemanan, hingga jaringan sosial lainnya yang lebih luas," tambahnya.

Ashabul menilai bahwa fondasi spiritual dapat mempertajam kearifan dan kelapangan dada dalam menyikapi perbedaan pilihan politik. “Energi spiritual juga bakal memberi horison visi jangka panjang bagi calon pemilih maupun calon pemimpin bangsa yang akan dipilih dalam pemilu," ucapnya.

Sementara itu, konsolidasi sosial juga membuat masyarakat tidak mudah terpecah belah secara sosial. “Energi sosial membuat kita tidak mudah dibakar prasangka karena sejatinya siapa pun calon presiden atau calon legislatif dari partai politik mana pun adalah sesama anak bangsa yang memiliki niat baik membangun bangsa," tuturnya.

Oleh karena itu, Ashabul mengingatkan konsolidasi spiritual maupun sosial memiliki peran penting dalam menghadapi Pemilu 2024. "Coba bayangkan, silaturahim ditemani buras dan ketupat akan membuat perbedaan pilihan politik dibawa santai sambil tersenyum. Jauh dari hiruk pikuk ketegangan urat leher," pungkasnya.

 

KEYWORD :

Warta DPR Ketua Komisi VIII PAN Ashabul Kahfi Lebaran Idul Fitri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :