Kamis, 16/05/2024 18:40 WIB

Lebih dari 180 Orang Tewas dalam Pertempuran di Sudan

Pihak yang bertikai tidak memberikan kesan bahwa mereka menginginkan mediasi untuk perdamaian di antara mereka segera.

Suara persenjataan berat terdengar di sekitar komando tentara Sudan dan markas paramiliter di Khartoum tengah. (FILE/AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan, setidaknya 185 orang tewas dan 1.800 lainnya terluka dalam tiga hari pertempuran antara faksi-faksi yang bersaing di Sudan.

"Ini adalah situasi yang sangat cair sehingga sangat sulit untuk mengatakan ke mana keseimbangan bergeser," kata perwakilan khusus PBB untuk Sudan, Volker Perthes pada Senin tentang kekerasan antara tentara dan pasukan paramiliter yang dipimpin oleh para jenderal yang bersaing.

Berbicara kepada wartawan di New York melalui video, dia juga mengatakan bahwa pihak yang bertikai tidak memberikan kesan bahwa mereka menginginkan mediasi untuk perdamaian di antara mereka segera.

Pecahnya kekerasan yang tiba-tiba selama akhir pekan antara dua jenderal tertinggi negara itu, masing-masing didukung oleh puluhan ribu pejuang bersenjata berat, menjebak jutaan orang di rumah mereka atau di mana pun mereka dapat menemukan tempat berlindung.

Pertempuran itu juga menyebabkan persediaan yang menipis di banyak daerah.

Perebutan kekuasaan mengadu Jenderal Abdel Fattah al-Burhan, komandan angkatan bersenjata, melawan Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo, kepala Pasukan Dukungan Cepat (RSF), sebuah kelompok paramiliter. Mantan sekutu bersama-sama mengatur kudeta militer Oktober 2021.

Kekerasan itu telah meningkatkan momok perang saudara ketika orang Sudan berusaha menghidupkan kembali dorongan untuk pemerintahan sipil yang demokratis setelah puluhan tahun pemerintahan militer.

Seruan untuk gencatan senjata

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres pada Senin (17/4) kembali meminta pihak-pihak yang bertikai di Sudan untuk segera menghentikan permusuhan". Dia memperingatkan bahwa eskalasi lebih lanjut bisa menghancurkan negara dan kawasan.

Gedung Putih menyerukan gencatan senjata segera untuk pertempuran di Sudan. "Kami menyesalkan kekerasan yang meningkat dari Khartoum dan di tempat lain di Sudan. Kami menyerukan gencatan senjata segera tanpa syarat," kata Gedung Putih pada Senin (17/4)

James Bays dari Al Jazeera, melaporkan dari PBB, mengatakan berbagai pemain internasional diandalkan untuk menengahi gencatan senjata.

"(Utusan PBB untuk Sudan) percaya bahwa tekanan dari pihak lain adalah penting. Uni Afrika, pengelompokan regional IGAD, Liga Arab, semua badan ini sedang berbicara dengan berbagai pemain dan khususnya dengan dua jenderal, mencoba untuk mendapatkan gencatan senjata,” kata Bays.

"Ada pembicaraan tentang misi mediasi berjalan sebagai delegasi untuk mencoba berbicara dengan para jenderal untuk mencoba mendapatkan gencatan senjata itu.

"Masalahnya – wilayah udara ditutup, perbatasan ditutup dan terlalu berbahaya bagi mereka untuk melakukan perjalanan pada tahap ini. Upaya diplomatik sedang berlangsung, tetapi kali ini tidak membuahkan hasil dan jelas itu sangat memprihatinkan bagi rakyat Sudan."

Sementara itu, tentara Sudan telah menyatakan RSF sebagai kelompok pemberontak dan memerintahkan pembubarannya pada Senin.

Karena pertempuran tidak menunjukkan tanda-tanda mereda, Dagalo turun ke Twitter untuk menyerukan masyarakat internasional untuk campur tangan melawan al-Burhan, mencapnya sebagai "Islamis radikal yang membom warga sipil dari udara".

Dalam pernyataan langka sejak pertempuran berkobar, al-Burhan mengatakan kepada Al Jazeera pada Sabtu bahwa dia "terkejut dengan Pasukan Pendukung Cepat yang menyerang rumahnya" dan bahwa apa yang terjadi "seharusnya mencegah pembentukan pasukan di luar tentara."

Persatuan dokter Sudan memperingatkan pertempuran itu telah merusak parah beberapa rumah sakit di Khartoum dan kota-kota lain, dengan beberapa di antaranya benar-benar tidak berfungsi.

Organisasi Kesehatan Dunia telah memperingatkan bahwa beberapa dari sembilan rumah sakit di Khartoum yang menerima warga sipil yang terluka kehabisan darah, peralatan transfusi, cairan infus dan persediaan vital lainnya.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

PBB Perang Sudan Militer RSF




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :