Jum'at, 03/05/2024 19:41 WIB

Politeknik lingkup Kementan Kembali membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru 2023

Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa). (Foto: Ist)

JAKARTA, Jurnas.com - Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangantan) dan Politeknik dan Politeknik Enjinering Pertanian Indonesia (PEPI) yang tersebar di tujuh wilayah di Indonesia kembali membuka pendaftran calon mahasiswa baru tahun 2023.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo menegaskan bahwa pembangunan pertanian memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian yang berkualitas, andal, berkemampuan manajerial, kewirausahaan, dan organisasi bisnis.

"Salah satu upaya regenerasi SDM pertanian, khususnya pelaku utama dan pelaku usaha melalui pendidikan vokasi. Polbangtan dan PEPI sebagai pelaksana pendidikan vokasi merupakan pabrik pencetak generasi milenial yang harus terus melakukan inovasi sebagai modal mahasiswa ketika terjun ke masyarakat," kata Syahrul.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan, pendidikan vokasi menjadi jawaban atas kebutuhan SDM pertanian yang andal, dengan menyatukan antara kemampuan intelektual dengan pengembangan karakter.

"Kekuatan karakter sangat penting, karena akan membuatnya menjadi seorang yang kuat, mampu bertarung dan mampu mencari jalan keluar terhadap segala tantangan yang ada," jelas Dedi.

"Pendidikan vokasi pertanian menjadi salah satu program prioritas kementerian pertanian, sebagai wadah menjaring SDM-SDM berkualitas yang nantinya akan menjadi penerus pembangunan pertanian," tambah Dedi.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Idha Widi Arsanti menjelaskan, penerimaan mahasiswa tahun ini membuka tiga jalur pendaftaran, yakni jalur undangan dan tugas belajar, jalur umum dan kerjasama, dan jalur POSKM (Prestasi, Olahraga, Seni, Keilmuan, maupun Bakat).

Pendaftaran sudah di mulai dari tanggal 6 -26 Maret 2023 untuk jalur undangan dan Tugas Belajar, kemudian untuk jalur umum dan kerjasama dimulai dari tanggal 10 April - 7 Mei 2023, sedangkan untuk jalur POSKM dimulai pendaftaran dari tanggal 5 - 8 Juni 2023.

"Proses penerimaan mahasiswa sejak tahun sebelum nya sudah dilakukan secara daring dan para calon mahasiswa dapat mengakses dan mencari info persyaratan pendaftaran semua dapat di akses di http://pmb.pusdiktan.id," ujar Santi.

Sebanyak tujuh kampus pendidikan vokasi pertanian lingkup Kementan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, yaitu Polbangtan Medan, Polbangtan Bogor, Polbangtan Yogyakarta-Magelang, Polbangtan Malang, Polbangtan Gowa, Polbangtan Manokwari, dan PEPI di Serpong

"Semunya siap menerima putra putri terbaik bangsa dengan fasilitas sarana pembelajaran agribisnis hulu hingga hilir yang sangat memadai," imbuh Santi.

KEYWORD :

Penerimaan Mahasiswa Kementan Polbangtan PEPI Syahrul Yasin Limpo Dedi Nursyamsi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :