Jum'at, 03/05/2024 23:08 WIB

Amerika Serikat Bantah Gerakkan Militer ke China

Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Jim Mattis pada Sabtu (04/02) menepis isu yang mengatakan AS gerakkaan militer  di Laut Cina Selatan untuk bersaing dengan China.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat, James Mattis

Tokyo-Menteri Pertahanan Amerika Serikat, James Mattis pada Sabtu (04/02) menepis isu yang mengatakan AS gerakkaan militer  di Laut Cina Selatan untuk bersaing dengan China, meskipun ia mengkritik tajam kebijakan Beijing yang menyalahi kepercayaan dari negara-negara di kawasan itu.
"Untuk saat ini, kami tidak perlu menggerakkan mililter secara dramatis" ujar Mattis dalam Konferensi Pers di Tokyo. "Kami lebih fokus pada diplomasi," tambahnya
Dalam konfirmasi sidang Senat, Menteri Luar Negeri Rex Tillerson mengatakan China seharusnya tidak diizinkan mengakses pulau-pulau yang masih dalam keadaan sengketa. Gedung Putih juga bersumpah untuk tetap mempertahankan "wilayah internasional" di perairan strategis.
Lalu bagaimana jika China tetap kekeuh ingin menguasai pulau itu?  Para Analisis mengatakan kemungkinan akan terjadi aksi militer AS, atau bahkan blokade laut. Namun Mattis menegaskan, aksi militer belum dipertimbangkan untuk saat ini, dilansri dari Reusters.
"Apa yang harus kita lakukan adalah buang semua upaya, upaya-upaya diplomatik, untuk mencoba menyelesaikan ini dengan benar, menjaga jalur komunikasi yang terbuka," tegas Mattis
KEYWORD :

Jim Mattis Pulau Sengketa China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :