Jum'at, 19/04/2024 22:25 WIB

Untar Raih Bintang Empat di QS Stars University Rating

Untar Raih Bintang Empat di QS Stars University Rating

Rektor Universitas Tarumanagara, Agustinus Purna Irawan (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Universitas Tarumanagara (Untar) berhasil meraih bintang empat pada QS Stars University Rating. Prestasi ini meningkat dibandingkan sebelumnya meraih bintang tiga.

QS Stars merupakan sistem rating perguruan tinggi di seluruh dunia yang dilakukan Quacquarelli Symonds (QS), yang mengukur kualitas pendidikan melalui sejumlah kategori.

Berbagai kategori tersebut yakni pengajaran (teaching), internasionalisasi (internationalisation), fasilitas (facilities), seni dan budaya (arts and culture), keterserapan dunia kerja (employability), pengembangan akademik (academic development), accounting dan finance, serta inklusivitas (inclusiveness).

"Saya umumkan secara langsung. Untar ikut QS Rating. Rating kami sebelumnya bintang tiga. Hari ini ratingnya bintang empat," kata Rektor Untar, Agustinus Purna Irawan, dalam kegiatan `Festival Kehumasan: Peningkatan Mutu Kehumasan Melalui Publikasi MBKM` di Universitas Tarumanagara pada Selasa (24/1) kemarin.

Secara detail, Untar meraih bintang empat untuk kategori teaching, internasionalisasi, pengembangan akademik, serta accounting dan finance. Sedangkan kategori employability dan inclusiveness masing-masing mendapatkan bintang lima.

"Employablity bintang lima karena lulusan Untar berbisnis bahkan langsung kerja," ujar dia.

Prestasi ini, lanjut Agustinus, tidak lepas dari peran humas dan kolaborasi pihaknya dengan media massa. Menurut dia, humas memiliki peran penting sebagai sumber data di perguruan tinggi. Bahkan, humas mempunyai tugas lebih berat karena harus menguasai beberapa bidang sekaligus.

"Keberadaan humas idealnya mesti menguasai berbagai hal bahkan mesti melebihi rektor, seperti menguasainya peraturan kebijakan Direktorat Pendidikan Tinggi di Kemdikbudristek juga BAN PT dan lain-lain," tutur Agustinus.

Adapun terkait kolaborasi dengan media, Agustinus mengatakan Universitas Tarumanagara selalu menggandeng media massa dalam menyosialisasikan prestasi, keunggulan, dan berbagai program yang sedang maupun telah dijalankan.

"Prinsipnya, semua media kita pakai. Teman media kita ajak untuk kolaborasi, begitu juga dengan media digital lainnya," terang Agustinus.

KEYWORD :

Universitas Tarumanagara Agustinus Purna Irawan QS Stars University Rating




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :