Selasa, 07/05/2024 20:41 WIB

Dua Satker Polbangtan YoMa Raih Predikat Informatif pada Ajang Penganugerahan KIP

Dua Satker Polbangtan YoMa Raih Predikat Informatif pada Ajang Penganugerahan KIP.

Politeknik Pembangunan Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa) berhasil menorehkan prestasi membanggakan dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Kementerian Pertanian Tahun 2022.

JAKARTA, Jurnas.com - Politeknik Pembangunan Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa) berhasil menorehkan prestasi membanggakan dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Kementerian Pertanian (Kementan) Tahun 2022.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Unit Kerja/Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kementerian Pertanian yang telah mengimplementasikan keterbukaan informasi publik dengan baik.

Menurutnya, pengelolaan informasi publik yang baik juga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik, yang pada gilirannya memberikan kontribusi dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi di lingkungan Kementan dan dapat memberikan kemudahan akses setiap informasi program dan pelaksanaan pembangunan pertanian kepada publik.

"Saya mengapresiasi semangat Unit Kerja/UPT yang telah mengimplementasikan keterbukaan informasi publik dengan baik. Hal ini dilakukan dalam upaya kita mempertahankan serta meningkatkan kualitas Kementan sebagai Badan Publik Informatif," ucap dia.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan, KIP adalah wajib untuk setiap instansi pemerintah terutama satker dibawah binaan BPPSDMP.

"Apalagi Keterbukaan Informasi Publik sepertinya sudah menjadi kebutuhan buat kita semua. Oleh karena itu, kita semua harus berkomitmen mendukung KIP di lingkungan BPPSDMP," katanya.

Direktur Polbangtan YoMa, Bambang Sudarmanto, didampingi Kepala Bagian Umum, Hari Sudharto yang hadir langsung menerima penghargaan tersebut mengaku bangga atas capaian tersebut. Pasalnya, Polbangtan YoMa menjadi satu-satunya UPT yang berhasil mengantarkan kedua satkernya meraih predikat informatif.

"Terima kasih dan apresiasi kepada tim PPID dan Civitas Akademika Polbangtan YoMa atas kinerja dan partisipasinya sehingga Satker Magelang dan Satker Yogyakarta mendapatakan prestasi Eselon II Informatif peringkat 3 dan 7 Kementan. Terus kompak dan bersinergi, sehingga kedepan mendapatkan prestasi yang lebih baik dan lebih baik lagi," ujar Bambang.

Perolehan predikat ini merupakan hasil dari proses panjang yang telah dilalui. Sebagaimana yang diterangkan selaku Kepala Biro Humas Kementan, Kuntoro Boga Andri bahwa untuk menetapkan predikat setidaknya ada beberapa tahapan yang harus dilalui.

"Untuk menetukan predikat keterbukaan informasi publik ini masing-masing UPT sebelumnya harus memenuhi dokumen-dokumen yang dipersyaratkan dalam form SAQ (Self Assesment Quetionare) kemudian kita nilai SAQ tersebut dan terpilib 31 unit kerja dengan predikat Informatif. Selanjutnya pada tahap 2 dilakukan visitasi atau verifikasi lapangan oleh Tim Komisi Informasi yang terdiri dari para ahli, praktisi, KIP Pusat, dan akademisi dan akhirnya kita peringkatkan sesuai dengan hasil Asessment," terang Kuntoro.

Perwakilan Komisi Informasi Pusat, Samrotunnajah Ismail mengatakan, Kementan telah 3 kali berturut-turut, saya ulangi sekali lagi, 3 kali berturut-turut meraih Peringkat 1 KIP kategori Kementerian.

"Ini bukan suatu hal kebetulan, ini merupakan hasil dari proses panjang dan wujud komitmen yang bersungguh-sunggung dalam menyajikan keterbukaan informasi, transparansi kepada masyarakat," tutur dia.

"Namun, perlu saya sampaikan penganugerahan ini bukan ajang kontestasi semata, tapi merupakan pemantik bagaimana setiap UPT agar dapat memaksimalkan pelayananannya kepada publik," imbuh dia.

KEYWORD :

Polbangtan YoMa BPPSDMP Kementan Syahrul Yasin Limpo Dedi Nursyamsi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :