Sabtu, 04/05/2024 00:06 WIB

Mulai Jajak Pendapat, Elon Musk Siap Pulihkan Akun Twitter Donald Trump

Mulai Jajak Pendapat, Elon Musk Siap Pulihkan Akun Twitter Donald Trump.

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. (Foto: Tom Brenner / Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Elon Musk memulai jajak pendapat Twitter melalui fitur Twitter Polls pada Jumat malam (18/11) untuk mengaktifkan kembali akun mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Hasil awal menunjukkan sekitar 60 persen memilih ya.

"Vox Populi, Vox Dei," cuit Musk, frasa bahasa Latin yang secara kasar berarti "suara rakyat adalah suara Tuhan". Polling dibuka selama 24 jam.

Musk, pemilik baru Twitter, mengatakan pada bulan Mei bahwa ia akan membatalkan larangan Twitter terhadap Trump, yang akunnya ditangguhkan setelah serangan tahun lalu di US Capitol.

Musk mengatakan sebelumnya bahwa keputusan mengembalikan akun Trump belum dibuat. Namun, Twitter telah mengaktifkan kembali beberapa akun kontroversial yang telah dilarang atau ditangguhkan, termasuk situs satir Babylon Bee dan komedian Kathy Griffin.

Keputusan Musk untuk meminta suara pengguna Twitter tentang siapa yang harus berada di platform adalah bagian dari restrukturisasi besar-besaran perusahaan, termasuk PHK besar-besaran.

Dalam sebuah memo pada Jumat kepada karyawan yang tersisa yang dilihat oleh Reuters, Musk meminta mereka yang menulis kode perangkat lunak untuk melapor ke lantai 10 kantor pusat Twitter di San Francisco pada sore hari.

Miliarder itu mengatakan dalam email lanjutan: "Jika memungkinkan, saya akan sangat menghargai jika Anda dapat terbang ke SF untuk hadir secara langsung," menambahkan ia akan berada di kantor hingga tengah malam dan akan kembali pada Sabtu pagi.

Ia meminta karyawan untuk mengirim email ringkasan tentang apa yang telah "dicapai" oleh kode perangkat lunak mereka dalam enam bulan terakhir, "bersama dengan hingga 10 tangkapan layar dari baris kode yang paling menonjol".

"Akan ada wawancara teknis singkat yang memungkinkan saya untuk lebih memahami tumpukan teknologi Twitter," tulis Musk di salah satu email, dan meminta para insinyur untuk melapor pada pukul 2 siang pada hari Jumat.

Email tersebut datang sehari setelah ratusan karyawan Twitter diperkirakan telah memutuskan untuk meninggalkan perusahaan media sosial yang terkepung tersebut menyusul tenggat waktu Kamis dari Musk bahwa staf mendaftar untuk "jam-jam panjang dengan intensitas tinggi".

Eksodus menambah perubahan dan kekacauan yang menandai tiga minggu pertama Musk sebagai pemilik Twitter. Ia memecat manajemen puncak termasuk mantan CEO Parag Agarwal dan pejabat senior yang bertanggung jawab atas keamanan dan privasi, menarik pengawasan dari regulator.

Seorang pejabat Gedung Putih juga mempertimbangkan, mengatakan Twitter harus memberi tahu orang Amerika bagaimana perusahaan itu melindungi data mereka

Situs web teknologi Platformer melaporkan pada hari Jumat bahwa Robin Wheeler, eksekutif penjualan iklan teratas perusahaan, telah dipecat.

Wheeler, yang memberi tahu karyawan dalam sebuah memo minggu lalu bahwa dia akan tinggal, men-tweet pada Jumat: "Kepada tim dan klien saya ... Anda selalu menjadi prioritas pertama dan satu-satunya saya", dengan emoji hormat yang telah diadopsi sebagai pengiriman untuk karyawan yang berangkat.

Twitter mengatakan kepada karyawan pada hari Kamis bahwa mereka akan menutup kantornya dan memotong akses lencana hingga Senin, menurut dua sumber. Reuters tidak dapat segera mengkonfirmasi apakah kantor pusat dibuka kembali.

Pada Jumat sore, perusahaan mulai memutus akses ke sistem perusahaan untuk beberapa karyawan yang menolak menerima tawaran Musk, kata tiga orang kepada Reuters.

Sumber lain mengatakan perusahaan berencana menutup salah satu dari tiga pusat data utama Twitter di AS, di fasilitas SMF1 dekat Sacramento, untuk menghemat biaya.

Dalam email pertamanya kepada karyawan Twitter bulan ini, Musk memperingatkan, Twitter mungkin tidak dapat bertahan dari penurunan ekonomi yang akan datang."Kami juga mengubah kebijakan Twitter, sehingga pekerjaan jarak jauh tidak lagi diizinkan, kecuali jika Anda memiliki pengecualian khusus."

Di tengah perubahan tersebut, Moody`s menarik peringkat kredit B1 untuk Twitter, dengan mengatakan tidak memiliki cukup informasi untuk mempertahankan peringkat tersebut.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Elon Musk Twitter Amerika Serikat Donald Trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :