Minggu, 28/04/2024 19:07 WIB

Survei Pollmark, Pilgub DKI Dua Putaran

Eep meyakini, berdasarkan survei tersebut, bahwa pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 akan berlangsung dua putaran.

Hasil survei elektabilitas yang dilakukan Pollamrk Indonesia

Jakarta - Kembali PollMark Indonesia mengeluarkan hasil survei yang dilakukan pada periode 6-12 Januari menunjukkan hasil yang cukup mengejutkan. Pasangan Anies Baswedan - Sandiaga Uno (Anies-Sandi), mendapatkan perolehan hasil yang meninggalkan dua pasangan lainnya, Agus Harimurti Yudhoyono- Sylviana Murni (Agus-Sylvi) dan Basuki Thahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Basuki-Djarot).

Berdasarkan hasil survey itu tingkat popularitas masih dimiliki oleh Basuki Thahaja Purnama (Basuki) yang mendapatkan suara 97.1 persen, disusul oleh Anies Baswedan sebesar 94.2 persen. Sementara Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beroleh 94.1 persen, menempel ketat Anies.

Namun, tingkat kedisukaan publik terhadap ketiga calon gubernur DKI Jakarta itu dimiliki oleh Anies sebesar 51.5 persen, disusul oleh kesukaan publik terhadap AHY sebesar 49.1 persen serta posisi ketiga dimiliki Ahok sebesar 34 persen.

Sementara itu, untuk tingkat elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Anies-Sandi merangkak naik dari sebelumnya berdasarkan survei selalu menempati urutan ketiga. Pasangan Anies-Sandi mengungguli kedua pasangan lainnya dengan raihan sebesar 25.3 persen, disusul oleh pasangan Agus-Sylvi sebesar 23.9 persen. Pasangan petahana, Basuki-Djarot menempati urutan ketiga dengan perolehan 20.4 persen.

Namun, dari survei elektabilitas itu diketahui masih ada pemilih yang tidak menjawab pilihannya sebesar 7.4 persen. Sementara itu, pemilih yang merahasiakan pilihannya sebesar 23 persen. Jika angka 23 persen itu dibuka, maka isinya memiliki kecenderungan masih mengunggulkan Anies-Sandi.

"Hasilnya 6,4 persen mengarah kepada Anies-Sandi, disusul Agus-Sylvi enam persen dan Basuki-Djarot 4,2 persen, sedangkan yang tetap tidak menjawab 6,4 persen," kata Eep dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (19/01).

Menurut CEO Pollmark Indoensia, Eep Saefulloh Fatah, menilai bahwa potensi keterpilihan (elektabilitas) pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno paling tinggi dibandingkan pasangan calon lain.

Eep meyakini, berdasarkan survei tersebut, bahwa pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 akan berlangsung dua putaran karena tidak ada pasangan calon yang memperoleh 50 persen suara.[]

KEYWORD :

pilgub dki 2017 dua putaran anies-sandi naik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :