Minggu, 28/04/2024 18:05 WIB

Warga Rembang Minta Dukungan DPR Soal Nasib Semen Indonesia

Warga Rembang menemui Ketua DPR Seya Novanto, guna meminta dukungan atas nasib pabrik Semen Indonesia.

Warga Rembang Temui Ketua DPR Setya Novanto soal Prabrik Semen

Jakarta - Warga Rembang menemui Ketua DPR Seya Novanto, guna meminta dukungan agar pabrik Semen Indonesia yang berada di wilayah desa mereka dapat beroperasi.

Perwakilan warga lima desa Timbrangan, Tegaldowo, Kadiwono, Pasucen dan Kajar yang berada di wilayah Ring 1 Pabrik Semen Indonesia, Rembang, menilai keberadaan pabrik dapat memberikan manfaat bagi warga.

"Terus terang pak, kami sudah merasakan manfaat dari adanya pabrik semen di wilayah desa kami yang ring 1 ini. Mohon bapak bisa memperjuangkan aspirasi kami," kata Sarki, warga Desa Pasucen saat audiensi dengan Novanto, di Ruang Rapat Pimpinan DPR, Gedung DPR, Kamis (12/1).

Dalam kesempatan yang sama Suwarti warga Desa Kadiwono mengatakan, dengan adanya pabrik semen tersebut, warga desa setempat bisa memiliki mata pencaharian dan memperbaiki perekonomian warga.

"Jangan sampai upaya mereka untuk memperbaiki kesejahteraan dengan membuka usaha baru, pupus gara-gara penolakan segelintir orang," tegasnya.

Menanggapi hal itu, Novanto mengatakan, pemerintah memang membutuhkan semen dalam jumlah besar demi menunjang pembangunan infrastruktur yang kini tengah dilakukan secara intensif. Berkaitan dengan hal tersebut maka keberadaan pabrik semen sangat dibutuhkan.

"DPR akan memperjuangkan semaksimal mungkin. Dasarnya adalah laporan Komisi VI DPR RI yang telah meninjau ke sana. Dan sudah melaporkan secara lengkap. Namun juga perlu ditunjang langkah Gubernur Jawa Tengah untuk memperbaiki Amdalnya," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Novanto memberikan solusi agar prabik semen tersebut dapat berjalan tanpa menimbulkan kerusakan lingkungan. Adalah dengan cara mendatangkan bahan baku dari luar.

Sebab, kata Novanto, keberadaan pabrik semen tersebut akan memberikan manfaat bagi warga setempat. Selain mendapat fasilitas pekerjaan, juga memberikan usaha baru bagi rakyat untuk memperbaiki perekonomian.

"Terkait dengan polemik yang terjadi saat ini, DPR mengajak seluruh pihak untuk membicarakan segala hal dengan baik, arif dan bijaksana. DPR yakin, niat tulus dan niat baik kita untuk kepentingan rakyat akan memberi jalan keluar dan melegakan semua pihak," tegasnya.

KEYWORD :

Prabrik Semen Warga Rembang Ketua DPR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :