Jum'at, 17/05/2024 05:24 WIB

Pelosi Kunjungi Taiwan, Korea Utara Kritik Campur Tangan AS Urusan Dalam Negeri China

Pelosi kunjungi Taiwan, Korea Utara kritik campur tangan AS urusan dalam negeri China.

Warga memegang bendera AS dan Korea Utara sambil menunggu iring-iringan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam perjalanan ke Hotel Metropole untuk KTT AS-Korea Utara kedua di Hanoi, Vietnam, pada 28 Februari 2019. (Foto: Reuters/ Kham)

JAKARTA, Jurnas.com - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Korea Utara mengkritik campur tangan Amerika Serikat (AS) urusan dalam negeri China atas kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS, Nancy Pelosi ke Taiwan.

Pelosi tiba di Taiwan pada Selasa malam dalam sebuah perjalanan yang katanya menunjukkan komitmen As yang tak tergoyahkan ke pulau yang diklaim China itu, tetapi China mengutuk kunjungan tingkat tertinggi AS dalam 25 tahun sebagai ancaman bagi perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

Seorang juru bicara Kemenlu Korea Utara mengatakan mereka dengan keras mencela campur tangan kekuatan eksternal dalam masalah Taiwan dan mendukung penuh China, sekutu utama dan jalur kehidupan ekonominya.

"Adalah hak negara berdaulat untuk mengambil tindakan balasan terhadap gerakan kekuatan luar yang secara terbuka mencampuri urusan dalam negerinya dan menghancurkan integritas teritorialnya," kata pejabat Korea Utara seperti dikutip oleh KCNA.

China menganggap Taiwan bagian dari wilayahnya dan tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawanya di bawah kendalinya. AS memperingatkan China agar tidak menggunakan kunjungan itu sebagai dalih untuk melakukan aksi militer terhadap Taiwan.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Korea Utara Amerika Serikat Kujungan Ketua DPR AS ke Taiwan Nancy Pelosi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :