Sabtu, 18/05/2024 19:53 WIB

Awali Tur Timur Tengah, Biden Mendarat di Israel

Awali Tur Timur Tengah, Biden Mendarat di Israel

Presiden AS Joe Biden tiba di Israel (Foto: BBC)

Tel Aviv, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mendarat di Israel untuk memulai tur regional penting, yang akan mencakup kunjungan kontroversial ke Arab Saudi.

Dikutip dari BBC pada Rabu (13/7), ini adalah perjalanan pertamanya ke Timur Tengah sejak menjabat. Biden juga akan bertemu dengan presiden Palestina serta para pemimpin Israel dan Saudi.

Palestina sebelumnya merasa kecewa, karena AS tidak berbuat lebih banyak untuk mereka sejak kepresidenannya dimulai pada tahun 2021. Dan fokus utamanya ke Saudi ialah karena ketegangan atas hak asasi manusia.

Rencana biden bertemu dengan pemimpin de facto kerajaan Saudi, Mohammed bin Salman menuai kritik. Pasalnya, oleh badan intelijen AS, MBS dituding menyetujui pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di Turki pada 2018 silam. Pangeran MBS membantah tuduhan itu, dan jaksa Saudi menyalahkan agen Saudi.

Pun, ketika Biden berkampanye untuk kepresidenan pada tahun 2019, dia pernah bersumpah akan menjadikan Arab Saudi sebagai bangsa buangan karena membunuh Khashoggi.

Namun, Biden berkelit dalam sebuah opini di Washington edisi Sabtu pekan lalu, bahwa kunjungannya bertujuan "mengarahkan kembali, bukan untuk menetapkan sebuah hubungan" dengan Riyadh.

Kunjungan itu juga dilakukan pada saat harga minyak naik, dan produksi energi diharapkan menjadi agenda diskusi antara Biden dan Pangeran Mohammed, di mana negaranya merupakan produsen minyak terbesar di dunia.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, yang ikut serta dalam tur tersebut akan menghadiri pertemuan puncak regional di Arab Saudi, di tengah laporan bahwa AS sedang mencari kesepakatan tentang kerjasama pertahanan yang lebih erat antara Israel dan beberapa negara Arab untuk melawan ancaman Iran.

Biden akan menjadi presiden AS pertama yang terbang langsung ke Arab Saudi dari Israel, yang dinilai sebagai penerimaan Riyadh yang semakin besar terhadap Israel, setelah puluhan tahun melakukan boikot sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina.

KEYWORD :

Joe Biden Tur Regional Amerika Serikat Israel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :