Sabtu, 18/05/2024 14:36 WIB

Ukraina Adakan Pembicaraan dengan Turki dan PBB untuk Jamin Ekspor Gandum

Ukraina adakan pembicaraan dengan Turki dan PBB untuk jamin ekspor gandum.

Gandum ditempatkan pada bendera Ukraina dan Rusia dalam ilustrasi gambar ini diambil 9 Mei 2022. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Volodymyr Zelenskyy, mengatakan, Ukraina sedang mengadakan pembicaraan dengan Turki dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menjamin jaminan ekspor gandum dari pelabuhan Ukraina.

"Pembicaraan sebenarnya sedang berlangsung sekarang dengan Turki dan PBB (dan) perwakilan kami yang bertanggung jawab atas keamanan biji-bijian yang meninggalkan pelabuhan kami," kata Zelenskyy dalam konferensi pers bersama Perdana Menteri Swedia, Magdalena Andersson.

"Ini adalah hal yang sangat penting bahwa seseorang menjamin keamanan kapal untuk negara ini atau itu - selain Rusia, yang tidak kami percayai. Oleh karena itu, kami membutuhkan keamanan untuk kapal-kapal yang akan datang ke sini untuk memuat bahan makanan."

Zelenskyy mengatakan Ukraina bekerja "langsung" dengan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres dalam masalah ini dan bahwa organisasi itu memainkan peran utama, bukan sebagai moderator.

Ukraina, salah satu pengekspor gandum terkemuka dunia, menuduh Rusia menghalangi pergerakan kapal-kapalnya. Zelenskyy mengatakan 22 juta ton gandum tidak bisa keluar saat ini dengan panen lebih lanjut sekitar 60 juta ton diharapkan pada musim gugur.

Rusia membantah menghalangi pergerakan biji-bijian dan mengatakan Ukraina harus disalahkan atas kurangnya pergerakan, sebagian karena apa yang dikatakannya adalah operasi penambangan di pelabuhannya.

Ukraina juga menuduh Rusia mencuri gandum dari gudangnya dan membawanya ke luar negeri - baik ke wilayah yang diduduki Rusia, Rusia sendiri atau negara lain.

Seorang pejabat Turki pada Senin mengatakan Turki telah menghentikan sebuah kapal kargo berbendera Rusia di lepas pantai Laut Hitam dan sedang menyelidiki klaim Ukraina bahwa kapal itu membawa gandum curian.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Volodymyr Zelenskyy Ekspor Gandum Ukraina Rusia PBB Turki




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :