Sabtu, 18/05/2024 15:27 WIB

Turki Tahan Kapal Rusia yang Bawa Gandum Ukraina

Turki tahan kapal Rusia yang Bawa gandum Ukraina.

Seorang pekerja memuat truk dengan gandum di terminal selama panen jelai di wilayah Odesa, saat serangan Rusia di Ukraina berlanjut, Ukraina 23 Juni 2022. Rueters/Igor Tkachenko

JAKARTA, Jurnas.com - Duta Besar Ukraina untuk Turki, Vasyl Bodnar, mengatakan, otoritas bea cukai Turki telah menahan sebuah kapal kargo Rusia yang membawa gandum yang menurut Ukraina dicuri.

"Kami memiliki kerja sama penuh. Kapal saat ini berdiri di pintu masuk pelabuhan, telah ditahan oleh otoritas bea cukai Turki," kata Bodnar di televisi nasional Ukraina.

Menurut seorang pejabat dan dokumen yang dilihat Reuters, Ukraina sebelumnya meminta Turki untuk menahan kapal kargo Zhibek Zholy berbendera Rusia. Kapal Zhibek Zholy berlabuh sekitar 1 km dari pantai dan di luar pelabuhan Karasu pada Minggu.

Tidak ada tanda-tanda pergerakan yang jelas di atas kapal atau oleh kapal lain di dekatnya.

Bodnar mengatakan nasib kapal akan diputuskan oleh pertemuan penyelidik pada Senin (4/7). Ukraina berharap gandum yang dibawa kapal kargo tersebut agar disita.

Ukraina menuduh Rusia mencuri gandum dari wilayah yang telah direbut pasukan Rusia sejak invasi Moskow dimulai pada akhir Februari. Kremlin sebelumnya membantah bahwa Rusia telah mencuri gandum Ukraina.

Pejabat Kementerian Luar Negeri Ukraina, mengutip informasi dari administrasi maritim Ukraina, mengatakan kepada Reuters pada Jumat bahwa Zhibek Zholy memuat kargo pertama sekitar 4.500 ton gandum Ukraina dari Berdyansk, pelabuhan yang diduduki Rusia di selatan Ukraina.

Otoritas pelabuhan Sakarya di wilayah itu tidak segera dapat dihubungi untuk dimintai komentar. Kementerian luar negeri Turki tidak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar.

Sumber: Reuters

 

KEYWORD :

Ukraina Turki Vasyl Bodnar Gandum Curian Invasi Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :