Sabtu, 27/04/2024 11:02 WIB

Jens Stoltenberg Desak Turki Tak Veto Swedia Gabung NATO

Pejabat dari Turki, Swedia dan Finlandia akan bertemu minggu depan untuk mencoba menyelesaikan masalah yang telah menunda keanggotaan Swedia di NATO,

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg (Foto: Anadolu Agency)

JAKARTA, Jurnas.com - Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg telah mendesak Turki untuk tidak memveto tawaran Swedia bergabung dengan aliansi militer, menjelang pertemuan bulan ini untuk mencoba mengatasi keberatan menunda keanggotaan Stockholm.

"Keanggotaan akan membuat Swedia lebih aman tetapi juga membuat NATO dan Turki lebih kuat," kata dia kepada wartawan di Istanbul pada  Minggu (4/7) setelah bertemu dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dan menteri luar negeri yang baru diangkat, Hakan Fidan, mantan kepala badan intelijen.

"Saya berharap untuk menyelesaikan aksesi Swedia secepat mungkin," tambah Stoltenberg.

Pejabat dari Turki, Swedia dan Finlandia akan bertemu minggu depan untuk mencoba menyelesaikan masalah yang telah menunda keanggotaan Swedia di NATO, kata dia, mengacu pada mekanisme bersama permanen yang dibentuk untuk mengatasi kekhawatiran Turki tentang Swedia dan Finlandia.

Pada bulan Maret, Turki meratifikasi tawaran Finlandia untuk menjadi anggota, dan menjadi anggota NATO ke-31 pada bulan April. Semua 31 negara anggota harus meratifikasi protokol aksesi kandidat untuk bergabung dengan aliansi transatlantik.

Pemerintah Turki menuduh Swedia terlalu toleran terhadap organisasi "teroris" dan ancaman keamanan, termasuk kelompok Kurdi dan orang-orang yang terkait dengan upaya kudeta tahun 2016. Hongaria juga menunda persetujuannya, tetapi alasannya belum diumumkan secara jelas.

"Swedia telah mengambil langkah konkret yang signifikan untuk memenuhi keprihatinan Turki," kata Stoltenberg, mencatat bahwa negara tersebut telah mengubah konstitusinya, memperkuat undang-undang antiteror, dan mencabut embargo senjata terhadap Turki sejak diterapkan untuk bergabung dengan NATO lebih dari setahun yang lalu.

NATO ingin melibatkan Swedia pada saat Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden dan para pemimpin lainnya bertemu di Lituania pada 11-12 Juli.

Khawatir mereka akan menjadi sasaran Moskow setelah Rusia menginvasi Ukraina tahun lalu, Swedia dan Finlandia meninggalkan posisi non-blok militer tradisional mereka untuk mencari perlindungan di bawah payung keamanan NATO.

Saat Stoltenberg mengadakan pembicaraan di Istanbul, ratusan orang, termasuk puluhan pengunjuk rasa pro-Kurdi, berkumpul di Stockholm untuk berdemonstrasi menentang rencana keanggotaan NATO Swedia. Hingga 500 orang ikut serta dalam protes "Tidak untuk NATO – tidak ada Hukum Erdogan di Swedia".

Mereka berunjuk rasa di bawah panji "Aliansi Melawan NATO," sebuah payung untuk organisasi Kurdi, kelompok kiri, anarkis, pemuda dan aktivis iklim dan orang-orang yang menentang undang-undang "anti-teror" Swedia yang baru, yang mulai berlaku pada 1 Juni.

Pada Januari, sebuah protes di Stockholm yang melibatkan pembakaran salinan Alquran membuat pembicaraan keanggotaan Swedia di NATO terhenti, setelah Erdogan menangguhkan pertemuan tersebut. Insiden itu menyebabkan demonstrasi anti-Swedia di seluruh dunia Muslim.

Stoltenberg tampaknya menyarankan bahwa protes mungkin telah diajukan selama pembicaraannya. "Saya mengerti sulit melihat demonstrasi menentang Turki dan NATO di Swedia," kata Stoltenberg.

"Tapi izinkan saya menjelaskan, kebebasan berkumpul dan berekspresi adalah nilai inti dalam masyarakat demokratis kita. Hak-hak ini harus dilindungi dan dijunjung tinggi," sambungnya.

Pada hari Sabtu, Stoltenberg menghadiri pelantikan Erdogan di Ankara, yang terpilih kembali untuk menjalani masa jabatan presiden ketiga dan lima tahun lagi menjabat.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

NATO Jens Stoltenberg Turki Swedia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :