Minggu, 05/05/2024 16:24 WIB

Ketua JAT Karanganyar Bikinan Abu Baasyir Ditangkap

Polisi mengklaim telah mengantongi identitas para pelaku lain yang kini masih dalam pengejaran.

Penangkapan pelaku sweeping di Kabupaten Karanganyar

Semarang - Kepolisian Jawa Tengah menangkap sebelas orang, salah satunya Basuki yang dikenal sebagai  Ketua Jamaah Ansharut Tauhid (JAT), Kabupaten Karanganyar, terkait sweeping disertai penganiayaan di sebuah restoran di Kabupaten Karanganyar.

Ormas JAT yang didirikan Abu Bakar Baasyir ini, dianggap memunyai jaringan dengan kelompok teroris global. Bahkan salah satu petinggi ISIS,  adalah Bahrun Naim yang pernah bergabung dan sekarang menjadi buronan teroris di Indonesia.

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Jateng AKBP Nanang Haryono mengatakan, Basuki dan sepuluh pelaku lainnya dibekuk di tiga daerah yang berbeda, yaitu Karanganyar, Sukoharjo dan Solo. kesebelas pelaku itu langsung dibawa ke Mapolda Jateng, Semarang, untuk menjalani pemeriksaan.

Jumlah tersebut masih akan bertambah dalam proses penyelidikan selanjutnya. Polisi mengklaim telah mengantongi identitas para pelaku lain yang kini masih dalam pengejaran. Selain Basuki, kesebelas orang yang ditangkap polisi di antaranya Joko Sumanto (42) warga Karanganyar yang juga Korlap JAT Karanganyar.

Kemudian, Dedi Setyawan (36) warga Karanganyar yang juga Ketua Jamaah Ataubah; Paryanto (39) warga Sukoharjo; Soleh Mujahid (18) warga Sukoharjo; Agus Burhan (34) warga Sukoharjo; Basuki alias Tebos (39) warga Sukoharjo; Fadli Hasim (18) warga Solo; Sunardi (43) warga Karanganyar; Yuniaryo (33) warga Sukoharjo; dan Sugiyarto (41) warga Karanganyar.

"Kami akan terus memburu, percuma saja mereka lari sembunyi. Kami sarankan lebih baik menyerahkan diri siapa-siapa yang merasa terlibat," ujar Nanang.

KEYWORD :

JAT karanganyar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :