Senin, 29/04/2024 15:48 WIB

Koki Inggris Tewas Melawan ISIS

Saya dalam perjalanan ke Rojava. Aku berbohong pergi ke Turki. Maaf aku tidak memberitahu siapa pun. Saya mencintai kalian semua dan saya akan kembali enam bulan lagi.

Ryan Lock, seorang koki di Inggris.(foto:Independent)

Mantan koki Inggris, Ryan Lock (20) tewas dalam aktivitasnya ikut memerangi ISIS bersama milisi kurdi di Suriah. Ryan Lock bergabung dengan sebuah ormas Unit Pertahanan Rakyat (YPG) pada Agustus tahun lalu. Kepergiannya ke Turki itu sudah diutarakannya kepada keluarganya, bahwa ia akan ke Turki pada musim libur.

Kabar kepergian Ryan Lock untuk ikut memerangi ISIS mengejutkan para kolega dan keluarganya, karena ia tidak memiliki latar belakang militer. Lebih mengejutkan lagi, Ryan tewas dalam sebuah pertempuran dimana ia belum cukup mahir menggunakan peralatan tempur.

Beberapa hari setelah kepergiannya, atau tepatnya 31 Agustus lalu, ia menulis melalui akun Facebooknya, "Saya dalam perjalanan ke Rojava. Aku berbohong pergi ke Turki. Maaf aku tidak memberitahu siapa pun. Saya mencintai kalian semua dan saya akan kembali enam bulan lagi," tulisnya.

"Ryan adalah anak yang sangat peduli dan penuh kasih. Ia akan melakukan apa saja untuk membantu siapa pun. Dia memiliki hati emas," ujar ayah Ryan, Jon Lock.

Kematian Ryan menuai pujian dari YPG, "Ryan tidak hanya seorang pejuang memberikan kekuatan tambahan untuk perjuangan kita. Bahkan, dengan pengalaman dan pengetahuannya ia telah menjadi contoh bagi pejuang muda. Sementara ia telah mencapai sejumlah besar prestasi di garis depan kami, Ryan telah menjadi jembatan yang sangat penting untuk tujuan antara kami, Kurdi dari Rojava. Dia menyeberang benua untuk nasib rakyat kita dan kemanusiaan."

Ryan Lock, berasal dari Chichester, West Sussex, Inggris. Ia meninggal bulan lalu selama serangan gencar di Raqqa, kota yang secara de facto adalah kota ISIS. Para aktivis Kurdi dan keluarga Ryan mengatakan, Ryan dibunuh pada tanggal 21 Desember, dua bulan sebelum ia bermaksud untuk kembali ke Inggris.[]

KEYWORD :

koki inggris tewas perangi isis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :