Sabtu, 04/05/2024 03:21 WIB

Mobil

Wow, Mercedes Klasik Ini Dilelang Rp107 Miliar

Bagaimana jika sebuah mobil Mercedes klasik bernilai $8 juta atau sekitar Rp107,5 miliar? Dilihat dari harga, tentunya mobil Mercedes tersebut bukanlah Mercedes ‘biasa’ yang kita kenal selama ini.

Mercedes 540 K Special Roadster / Carscoops

Arizona - Selama ini Mercedes identik sebagai produsen mobil mahal. Mulai dari model CLA yang bernilai lebih dari $30.000 atau setara Rp403 juta hingga Maybach S-Class yang bisa mencapai lima kali lipatnya.

Namun bagaimana jika sebuah mobil Mercedes klasik bernilai $8 juta atau sekitar Rp107,5 miliar? Jumlah ini dipatok oleh para pakar untuk sebuah mobil Mercedes pada sebuah acara pelelangan yang akan digelar oleh rumah lelang Kanada, RM Sotheby, di Arizona, bulan depan.

Dilihat dari sisi harga, tentunya mobil Mercedes tersebut bukanlah Mercedes ‘biasa’ yang kita kenal selama ini.

Mercedes yang sedang dibicarakan ini, seperti dilansir Carscoops adalah model klasik satu-satunya dari pabrikan asal Jerman, yaitu 540 K Special Roadster. Dari 419 mobil yang telah dipasarkan, hanya ada 25 unit yang dibekali sebagai Special Roadster.

Model ini adalah model yang dibuat terakhir kali sebelum Perang Dunia II pecah. Drop-top grand tourer ini merupakan kendaraan mewah dengan panjang sekitar 17 kaki dan 5,4 liter supercharged straight eight.

Mobil ini dipesan secara khusus pada tahun 1939 oleh seorang art dealer asal Berlin, Rolf Horn. Horn kemudian melengkapi desain mobilnya dari segi estetis, di mana pintunya dibuat lebih rendah, fender meruncing menyerupai bentuk air mata, dan bodi mobil diganti dengan bodywork ukiran.

Setelah dimodifikasi, mobil tersebut disimpan hingga akhirnya rezim komunis menguasai Berlin Timur, yang selanjutnya mobil tersebut digunakan oleh diplomat Soviet dan dibawa ke Moskow. Mobil tersebut kemudian diselundupkan ke Swedia dan sampai ke Amerika Serikat hingga hari ini. [yog]

 

KEYWORD :

Mercedes-Benz Special Roadster Mobil Klasik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :