Kamis, 16/05/2024 19:41 WIB

Patron, Anjing Pelacak Ranjau Ukraina Dianugerahi Medali

Saat menerima penghargaan Patron menggonggong dan mengibaskan ekornya, memicu tawa dari hadirin.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Presiden Ukraina Volodymyr Zeleskyy menghadiahkan anjing penjaga selama konferensi pers di Kyiv pada 8 Mei 2022. (Foto: Reuters/Ukraina Presidential Press Service/Handout)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Volodymyr Zelenskyy memberi medali anjing pelacak ranjau yang terkenal di Ukraina, Patron dan pemiliknya. Hal ini sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian mereka sejak invasi Rusia.

Anjing jenis Jack Russell Terrier itu telah mendeteksi lebih dari 200 bahan peledak dan mencegah peledakannya sejak dimulainya perang pada 24 Februari. Patron pun dengan cepat menjadi simbol anjing patriotisme Ukraina.

Zelenskyy memberikan penghargaan itu pada konferensi pers di Kyiv dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Saat menerima penghargaan Patron menggonggong dan mengibaskan ekornya, memicu tawa dari hadirin.

Trudeau juga tampak merogoh sakunya seolah mencari makanan anjing.

"Hari ini, saya ingin memberi penghargaan kepada para pahlawan Ukraina yang telah membersihkan tanah ranjau kami. Dan bersama dengan para pahlawan kami, seorang pencari ranjau kecil yang luar biasa -Patron - yang membantu tidak hanya untuk menetralisir bahan peledak, tetapi juga untuk mengajari anak-anak kami aturan keselamatan yang diperlukan di daerah di mana ada ancaman ranjau," kata Zelenskyy dalam sebuah pernyataan setelah upacara.

Penghargaan tersebut juga diberikan kepada pemilik Patron, seorang mayor di Layanan Perlindungan Sipil, Myhailo Iliev.

KEYWORD :

Volodymyr Zelenskyy Jack Russell Terrier




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :