Kamis, 07/07/2022 17:43 WIB

Dipanggil KPK, Koordinator MAKI Mengaku Kenal Budhi Sarwono

Boyamin dipanggil dalam kapasitasnya sebagai Direktur PT Bumi Rejo.

Koordinator MAKI, Boyamin Saiman. (Foto: Dok. Medcom.id)

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman terkait kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) Bupati nonaktif Banjarnegara Budhi Sarwono.

Boyamin dipanggil dalam kapasitasnya sebagai Direktur PT Bumi Rejo. Saat dikonfirmasi wartawan terkait pemanggilannya, ia mengaku kenal dengan Budhi Sarwono.

"Aku berteman dan mengenal Budhi Sarwono, Bupati Banjarnegara yang telah ditahan KPK," ujar Boyamin lewat keterangan tertulis, Senin (25/4).

Boyamin Saiman mengaku sudah mengenal Budhi Sarwono sejak 2010.  Dia awalnya menjadi kuasa hukum dari perusahaan orang tua milik Budhi.

"Namun, sejak Budi Sarwono jadi Bupati maka perusahaan tersebut ditarik sepenuhnya saham menjadi milik orang tuanya dan Budi Sarwono tidak punya saham dan tidak jadi pengurus," terang Boyamin.

Boyamin mengeklaim hubungannya dengan Budhi tidak terkait kasus yang ditangani KPK. Dia juga mengaku tidak pernah mengetahui perbuatan Budhi yang diduga melanggar hukum.

"Sebagai teman, aku prihatin atas kasusnya, namun aku tidak akan pernah jadi kuasa hukumnya," kata Boyamin.

Boyamin juga mengeklaim sering menolak tawaran kerja dari Budhi.  Salah satunya saat diminta menjadi panitia seleksi jabatan sekretaris daerah pada 2018.

"Sepenuhnya aku clear dari urusan Budhi Sarwono sebagai Bupati," ungkap Boyamin.

Diketahui, KPK menetapkan Budhi Sarwono sebagai tersangka pencucian uang.

Penetapan tersangka ini merupakan pengembangan dari penyidikan permara dugaan korupsi pemborongan, pengadaan atau persewaan pada Dinas PUPR Pemkab Banjarnegara pada 2017 sampai 2018.

Budhi Sarwono diduga menyembunyikan atau menyamarkan asal usul harta kekayaan yang bersumber dari tindak pidana korupsi. Salah satunya dengan membelanjakan hasil korupsi tersebut dalam bentuk berbagai aset baik bergerak maupun tidak bergerak.

Meski demikian, Ali belum dapat membeberkan lebih jauh aset-aset Budhi Sarwono yang diduga bersumber dari korupsi karena masih didalami tim penyidik.

TAGS : KPK MAKI Boyamin Saiman Pencucian Uang Budhi Sarwono




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :