Minggu, 05/05/2024 16:13 WIB

PLUT Batam Jendela Produk UMKM Masuk Pasar Global

Batam) sudah menjadi bagian dari daerah kedatangan turis yang cukup besar

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pada peresmian PLUT di Batam, Kepulauan Riau. (Foto istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), akan dimanfaatkan menjadi jendela produk UMKM masuk ke pasar global. Hal itu sejalan dengan tujuan kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2022 di Kepri yang diharapkan meningkatkan kontribusi ekspor UMKM.

Hal itu dikatakan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat acara peresmian PLUT di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (31/3). “Apalagi di sini (Batam) sudah menjadi bagian dari daerah kedatangan turis yang cukup besar, nomor dua di Indonesia setelah Bali,” ujar Teten Masduki, dalam keterangannya di terima di Jakarta, Kamis (31/3).

Teten Masduki menganggap produk oleh-oleh dari sektor kuliner, suvenir, fesyen, dan industri hiburan memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Karena itu, UMKM akan diperkuat melalui PLUT yang dilengkapi tenaga-tenaga konsultan untuk pengembangan bisnis dan produk, kemudahan akses pembiayaan dan akses pasar, serta merancang ulang pengemasan produk guna menarik perhatian konsumen.

Teten Masduki juga berupaya mendorong UMKM masuk ke dalam lokapasar (marketplace), serta digitalisasi proses bisnis seperti pembayaran digital dan pencatatan transaksi digital sehingga lebih mudah terhubung ke akses pembiayaan, pasar, dan bahan baku. “Kita ingin dorong semua UMKM go digital,” ucap dia.

Mantan Koordinator ICW ini mendorong penggunaan berbagai platform digital daerah, khususnya yang dimiliki pemerintah kota Batam, agar bisa digunakan oleh pelaku usaha mikro.

“Banyak usaha mikro yang tidak bisa onboarding platform digital skala nasional karena kapasitas produksinya tak cukup memenuhi permintaan pasar, sehingga banyak dari mereka yang tak bertahan lama. Kalau mereka terhubung ke platform digital lokal, justru memberikan akses pasar yang baik bagi usaha mikro,” kata Teten.

 

KEYWORD :

Teten Masduki PLUT Batam UMKM




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :