Jum'at, 17/05/2024 08:34 WIB

Penerima KIP Kuliah Merdeka 2022 Ditarget Naik 26 Persen

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) menargetkan kenaikan jumlah penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka.

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemdikbudristek, Abdul Kahar (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) menargetkan kenaikan jumlah penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka.

Sebagaimana diketahui, sejak 2021 lalu anggaran bantuan KIP Kuliah Merdeka telah dilakukan penyesuaian baik dalam biaya hidup maupun biaya pendidikan.

"Penyesuaian anggaran biaya hidup dan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) dalam KIP Kuliah Merdeka ini membuat animo mahasiswa kita juga naik," kata ujar Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemdikbudristek, Abdul Kahar pada Kamis (24/3) kemarin.

"Dan saya optimis tahun ini yang akan mencapai kenaikan sebanyak 26 persen yang diterima pada program studi dengan akreditasi A yang berarti naik dua persen dibanding tahun 2021," sambung dia.

Lebih lanjut disampaikan Abdul Kahar, perubahan kebijakan dalam KIP Kuliah Merdeka dilakukan Kemdikbudristek agar anak-anak Indonesia yang memiliki talenta khusus dan akademik bagus dapat meraih mimpi melalui perguruan tinggi terbaik.

"Ini sangat membantu bagi mereka, sehingga bisa berkuliah di kota-kota besar tanpa khawatir karena biaya hidup juga sudah disesuaikan," jelas dia.

Kahar juga memastikan KIP Kuliah Merdeka tidak hanya berlaku untuk perguruan tinggi negeri (PTN), namun juga perguruan tinggi swasta (PTS).

KIP Kuliah Merdeka merupakan jaminan pembiayaan pendidikan dan bantuan biaya hidup yang diberikan kepada siswa dari keluarga kurang mampu, untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

"Bagi yang berminat kuliah tahun ini dan memenuhi kriteria penerima KIP Kuliah, mohon jangan ragu daftar KIP Kuliah Merdeka. Insya Allah semua bisa kuliah," imbuh dia.

KEYWORD :

KIP Kuliah Kemdikbudristek Biaya Pendidikan Abdul Kahar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :