Minggu, 05/05/2024 17:10 WIB

Apresiasi MotoGP, Sandiaga Uno: 40 Tahun Mandalika Tak Pernah Seramai Ini

Pertamina Grand Prix of Indonesia-MotoGP Mandalika 2022 sukses diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (Foto: Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com - Pertamina Grand Prix of Indonesia-MotoGP Mandalika 2022 sukses diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). 
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno yang hadir dan menyaksikan langsung balapan ini mengapresiasi keberhasilan MotoGP Mandalika.
 
Sandiaga Uno juga bahkan menerima kesaksian dari salah satu kepala desa saat berbincang dengannya, bahwa seumur hidup kepala desa tersebut, baru kali ini Mandalika dikunjungi sebegitu banyak wisatawan.
 
"Saya teringat salah satu kepala desa, kemarin saya juga bicara dengan Pak Haji Salamiah (salah seorang pemilik homestay/sarhunta di kawasan Kuta, Mandalika). Selama 40 tahun dia hidup di kawasan Mandalika belum pernah begitu banyak orang yang datang, begitu penuh hotel terisi, begitu banyak transportasi tersewa, terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja," kata Sandiaga.
 
Bukan hanya itu, Sandiaga Uno juga menuturkan cerita dari salah satu sopir taksi online yang mendulang penghasilan hingga jutaan rupiah. Meski hari masih pagi, ia berhasil mengantongi sedikitnya Rp 1,8 juta.
 
"Ini luar biasa dampaknya dan ke depan akan kami terus perbaiki sehingga event-event selanjutnya akan lebih lancar, lebih bermanfaat. Saya mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah membantu terselenggaranya MotoGP ini," ucap Sandiaga.
 
Tentunya keberhasilan MotoGP Mandalika tidak terlepas dari persiapan panjang pemerintah dan penyelenggara. Sandiaga Uno menyatakan bahwa keberhasilan event balap kelas dunia tersebut merupakan kebangkitan ekonomi bagi Indonesia.
 
"Setelah mempersiapkan hampir dua tahun, MotoGP Mandalika ini yang sudah ditunggu-tunggu masyarakat sebagai kebangkitan ekonomi dan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif serta penciptaan lapangan kerja," kata Sandiaga di Pertamina Mandalika International Street Circuit, dalam pernyataan resminya, Ahad (20/3/2022) malam.
 
Sandiaga berharap, keberhasilan ini membawa keberkahan bagi semua pihak. Ia menilai, telah terbukti kebijakan pemerintah untuk mendatangkan MotoGP Mandalika 2022 tepat dari segi dampak yang dihasilkan. Terutama memulai transisi menuju kehidupan pascapandemi.
KEYWORD :

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata Menparekraf MotoGP Mandalika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :